Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Penyakit Kanker Prostat?

Apa Itu Penyakit Kanker Prostat?

Penyakit dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Bisa dari umur bayi, anak-anak, dewasa, sampai usia lanjut. Seperti halnya kanker prostat, setiap orang berpeluang terjangkit penyakit ini.

Kanker merupakan penyakit yang bisa diakibatkan oleh lingkungan, pola hidup dan pola makan, dan juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. 

Kanker ada banyak jenisnya, seperti kanker otak, kanker payudara, kanker usus, kanker mata, kanker kulit, sampai kanker di area alat reproduksi orang.

Kanker Prostat Bisa Menyerang Pria Dan Wanita

Ya, memang dalam kasus kanker di area reproduksi, sering di alami oleh kaum wanita. Karena memang alat reproduksi wanita memang rentan terkena atau terjangkit penyakit ini.

Meskipun wanita yang lebih berpotensi terkena penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kaum laki-laki juga bisa terkena kanker di area alat reproduksinya.

Ya, penyakit itu ialah penyakit kanker prostat? Seperti apa penyakit itu? Apa saja gejala dan apa penyebabnya? Apakah bisa diobati?

Apa Itu Kanker Prostat

Ya, semua itu akan dikupas dan dibahas dalam artikel kali ini. Penyakit kanker prostat merupakan salah satu kanker yang menyerang kaum pria.

Penyakit ini menjangkit kelenjar di bagian alat reproduksi yang hanya ada pada kaum pria. Kelenjar tersebut tempatnya ada di perut bagian bawah yaitu di bawah kandung kemih dan mengelilingi saluran kemih.

Fungsi dari organ itu ialah memproduksi air mani untuk melarutkan sperma yang dihasilkan oleh testis yaitu yang berada di dalam kantung zakar.

Penyebab Kanker Prostat

Pada usia masih muda, ukuran organ ini pada pria kira-kira berukuran sedikit lebih besar yaitu seperti ukuran kacang mete dan dapat tumbuh berkembang dengan mengikuti usia pria tersebut.

Penyakit ini ditandai oleh peradangan pada kelenjar organ ini sehingga terjadi pembengkakan dan timbul rasa sakit di area tersebut. 

Penyebabnya ialah adanya infeksi dari bakteri Escherichia coli, pseudomonas, golongan coccus, dan klebsiella. Bakteri tersebut menyebar ke area organ tersebut lewat aliran darah.

Gejala Penyakit Kanker Prostat

Nah, lalu seperti apa gejala penyakit kanker prostat? Gejala penyakit ini seperti demam, kedinginan, sakit pinggang, rasa bengkak di pangkal paha, lalu sering ingin buang air kecil, namun rasanya proses pembuangan air kecil tidak tuntas.

Jika sudah parah biasanya saat buang air kecil akan sakit sekali seperti terbakar. Beberapa orang yang sudah mengidap penyakit ini mengatakan bahwa akan merasa sakit pula saat dalam ejakulasi dan adanya darah di dalam sperma.

Penyebab penyakit ini beragam yaitu antara lain berasal dari pencemaran lingkungan air, udara, tanah, radiasi matahari. Namun, kebanyakan ahli dan dokter mengatakan penyebab penyakit ini ialah karena radikal bebas.

Namun, juga penyebab penyakit ini ialah disebabkan oleh adanya faktor penyakit turunan. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh tidak terkendalinya seks bebas di kalangan kaum pria.

Tindakan Pengobatan Kanker Prostat

Setelah tanda-tanda tersebut terjadi atau ada, lebih baik untuk memeriksakannya ke dokter ahli penyakit ini. Untuk itu biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan dan peneropongan saluran kemih dengan Cystourethroscopy.

Dari pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter tersebut untuk mengetahui seberapa besar sumbatan yang ada di dalam saluran kemih tersebut. Biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan medis yaitu operasi.

Operasi prostat tersebut dengan menghilangkan potongan kecil di jaringan testis. Selain operasi juga bisa dengan terapi radiasi dan kemoterapi.

Nah, namun kita bisa mencegah penyakit tersebut tentunya dengan mengatur dan menjaga pola hidup kita, bukan? Hindari hal-hal yang dapat merusak organ tersebut. selalu memperhatikan pola hidup sehat anda.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Penyakit Kanker Prostat?"