Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Takut! Pahami Dulu Tentang Penyakit Kanker

Jangan Takut! Pahami Dulu Tentang Penyakit Kanker

Apabila anda atau keluarga anda didiagnosa menderita kanker oleh dokter, tentu rasa takut dan gelisah akan menyelimuti suasana rumah. 

Namun sebelum dokter memvonis, masih ada harapan bahwa diagnose dokter melesat. Untuk lebih memahami apa itu penyakit kanker, silahkan simak terus artikel ini.

Gejala Penyakit Kanker

Kanker pada umumnya tampak dari luar berupa benjolan daging. Letak benjolan tersebut bervariasi tergantung pada jenis kanker.

Jika kanker payudara, tentu benjolan akan dapat dirasakan pada payudara. Benjolan tersebut tidak akan terasa sakit apabila ditekan, namun jika semakin membesar, rasa nyeri itu pasti muncul.

Butuh waktu 1-3 bulan bagi dokter untuk memastikan sebuah benjolan dikategorikan kanker atau bukan. apabila benjolan terus membesar disertai rasa sakit yang semakin parah, maka itu adalah kanker.

Namun perlu beberapa tes lagi untuk memastikannya. Penderita kanker pada umumnya mengalami penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat.

Akibat Yang Ditimbulkan Dari Kanker

Bicara soal penurunan berat badan secara drastis, hal ini dapat dijelaskan akibat berkembang biaknya sel kanker yang tak terkendali yang membuat aliran darah dan aliran udara terhambat.

Sel sel kanker akan mengambil nutrisi dari penderita, tak hanya yang dibawa oleh darah, namun juga yang terdapat pada daging. Inilah mengapa kebanyakan penderita kanker memiliki tubuh yang sangat kurus.

Gejala Penyakit Kanker

Penderita penyakit kanker memiliki beberapa gejala selain penurunan berat badan secara drastis, antara lain adalah:

  • Adanya luka membuka seperti borok yang sulit disembuhkan
  • Keluarnya darah dari lubang lubang tubuh secara tidak normal seperti mimisan
  • Batuk berat
  • Diare atau sembelit
  • Serta gangguan pada siklus buang air kecil.

Setiap penderita kanker memiliki gejala yang bervariasi, jadi tidak pasti semua gejala itu akan muncul pada satu penderita kanker.

Hubungan Antara Kanker Dengan Gaya Hidup

Beberapa penelitian menyebutkan adanya korelasi antara penyakit kanker dengan gaya hidup penderita. Mengkonsumsi alcohol adalah salah satu pemicu tumbuhnya kanker, selain itu ketidakseimbangan gizi juga akan berdampak buruk.

Beberapa zat yang terkandung dalam makanan yang mampu berpotensi membatasi pertumbuhan sel kanker antara lain adalah sebagai berikut :

Makanan Penghambat Sel Kanker

Antioksidan, yang berfungsi mencegah kerusakan pada sel, mencegah mutasi sel menjadi kanker, serta menurunkan radikal bebas. Anda dapat menemukan antioksidan pada sayuran dan buah yang mengandung vitamin C dan E.

Karbohidrat dan protein nabati. Karbohidrat dapat anda temukan pada jenis makanan pokok seperti nasi, gandum, oat, kentang, dan ubi. Sementara protein nabati sangat baik karena mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat seperti serat, vitamin B, folat, vitamin C dan E.

Bioaktif Ekstrak Bawang Putih

Kanker memiliki beberapa penyebab yang terbagi menjadi 3, yaitu lingkungan, gen, dan virus. Lingkungan yang banyak mengandung asap dapat memicu penyakit kanker.

Pasalnya, ada senyawa yang bisa menyebabkan kanker bernama karsinogen. Karsinogen yang paling berbahaya adalah asap rokok.

Sementara yang tidak terlalu berbahaya tapi patut diwaspadai adalah radiasi, sinar matahari, dan asbes. Makanan yang mengandung bayak zat buatan juga mampu memicu pertumbuhan kanker.

Apabila ada salah satu keluarga yang mengidap kanker, maka anggota keluarga lainnya juga memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk terserang kanker.

Apabila anda atau keluarga sudah divonis, harus tetap optimis dengan menerapkan gaya hidup sehat yang meliputi cukup waktu untuk beristirahat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang, dan selalu berfikiran positif bahwa anda mampu melawan penderitaan anda sekarang ini.

Semoga artikel di atas berguna, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

Post a Comment for "Jangan Takut! Pahami Dulu Tentang Penyakit Kanker"