Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Tahapan Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tahapan perkembangan bayi usia 0-1 bulan. Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas kelanjutan dari artikel tersebut yaitu tahapan perkembangan bayi usia 2 bulan.

Baca juga: Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Bayi yang sudah berusia 2 bulan sudah mengalami kemajuan dalam perkembangan fisik dan pancaindranya.

Bayi Usia 2 Bulan

Bayi yang sudah berusia 2 bulan biasanya berat badannya sudah mencapai 3,4 sampai 5,7 kg dengan panjang badan 51 sampai 58 cm. Pada usia bayi ini kita sudah bisa melihat bayi tersenyum. Bukan hanya tersenyum, tapi masih banyak perkembangan lainnya yang bisa ibu rasakan pada usia tersebut.

Penglihatan bayi usia 2 bulan

Penglihatan bayi pada usia 2 bulan sudah mulai berkembang sekitar 60 cm dan sudah mulai bisa membedakan warna putih dan merah serta matanya sudah bisa mengikuti arah cahaya. Jarak pandang bayi sudah mulai luas dan tajam, terkadang sudah mulai bisa melirikkan matanya ke arah kanan dan kiri tanpa perlu menggerakkan kepalanya.

Ketika bayi diajak bicara, dia mulai bisa menggerakkan bibirnya serta sudah ada kontak mata meskipun hanya sebentar. Ini karena bayi sudah bisa mengenali wajah orang yang berada disekitarnya.

Pada usia bayi 2 bulan ini, otaknya sudah bisa mengenali warna-warna cerah dan melihat objek yang tergantung seperti mainan yang berputar atau melingkar. Jadi ibu sudah boleh melatih penglihatan bayi dengan membelikannya mainan yang digantung dan berputar-putar serta berwarna-warni. Ini merupakan salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan penglihatan bayi yang masih berusia 2 bulan.

Baca juga: Bayi Bisa Melihat Dengan Jelas Usia Berapa

Pendengaran Bayi usia 2 bulan

Sebenarnya bayi sudah bisa mendengar sejak masih dalam kandungan, dan terus berkembang setelah lahir. Berbicara dengan orang dewasa sama halnya berbicara dengan janin, jadi sebagai orang tua berbicaralah hal-hal yang yang baik-baik ketika bayi masih dalam kandungan karena akan berpengaruh positif pada bayi ketika dia sudah lahir.

Bayi pada usia 2 bulan ini sudah mulai tertarik mendengar suara-suara gemerincing dari mainannya dan mulai senang mendengar suara orang tuanya. Sering-seringlah mengajak bayi bermain cilukba misalnya sehingga bisa menstimulasi perkembangan pendengarannya.

Baca juga: Stimulasi Bayi 3 Bulan

Jauhkan bayi dari suara-suara yang keras dan bising, karena bisa mengakibatkan bayi kaget dan stress. Jika bayi kaget, segera tenangkan dia dengan cara menggendongnya sambil menggoyangkannya atau mengelus punggungnya. Tapi apabila bayi tidak merespon ketika ada suara-suara bising dan terlihat kalem saja, ini perlu dipertanyakan apakah ada gangguan pada pendengaran bayi. 

Sesekali kita mengajak bayi jalan-jalan ke taman, mendengarkan suara burung berkicau, suara daun-daun pada pepohonan yang ditiup angin yang jauh dari kebisingan kota. Dengan begitu bayi akan merasa tenang dan nyaman. Yang perlu ibu ketahui adalah jangan pernah bertengkar di depan bayi, karena dia bisa mendengar dan merasakan sehingga mempengaruhi alam bawah sadarnya. Hal ini bisa saja mengakibatkan trauma psikologis pada anak kita.

Mendengarkan musik klasik pada bayi juga sangat bagus untuk membantu bayi agar bisa tidur. Musik yang menenangkan dan lembut bisa kita cari di youtube dan hidupkan dengan suara pelan misalnya di malam hari untuk menidurkan bayi.

Baca juga: Cara Menidurkan Bayi

Motorik dan Kesadaran Bayi Usia 2 Bulan

Gerakan bayi pada usia 2 bulan ini sudah mulai lancar dan mulus dengan refleks yang spontan. Dia sudah mulai bisa mengibaskan tangannya untuk meraih benda-benda yang berada di sekitarnya. Kakinya sudah mulai aktif bergerak dengan menyepak ketika dibaringkan dan dimandikan.

Baca juga: Memandikan Bayi Baru Lahir

Meskipun bayi sudah mulai bisa menggerakkan dan mengangkat kepalanya sebentar, namun dia masih belum kuat untuk berguling apalagi tengkurap.

Semoga penjelasan tentang tahapan perkembangan bayi usia 2 bulan di atas bisa memberikan gambaran bagi kita sebagai orang tua apa yang harus dilakukan terhadap bayi sesuai dengan perkembangan usianya. Pada artikel berikutnya kita akan membahas tahapan perkembangan bayi usia 3 bulan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Tahapan Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan"