Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Sehat Sederhana Untuk Wanita Hamil

Tips Sehat Sederhana Untuk Wanita Hamil

Wanita hamil haruslah lebih selektif dalam menjaga setiap aktifitas dan asupan makanan yang di konsumsi, karena setiap aktivitas yang dilakukan berhubungan dengan kehamilan yang sedang dijalani.

Tanda Atau Gejala Awal Kehamilan

Kehamilan ini pada umumnya berlangsung dalam 40 minggu terhitung mulai dari hari pertama periode menstruasi terakhir wanita. Tanda atau gejala awal kehamilan biasanya adalah berhentinya menstruasi meskipun pada beberapa kasus ada juga wanita hamil yang mengalami pendarahan pada awal-awal masa kehamilannya.

Ukuran payudara wanita hamil biasanya akan membesar dan kelenjar susu wanita akan menjadi lembut sebagai reaksi atau persiapan dari proses menyusui.

Mual dan muntah juga merupakan gejala yang sangat umum dan biasanya akan menjadi lebih buruk ketika pagi hari dan selama masa trimester pertama kehamilan. Mual dan muntah tersebut pada dasarnya disebabkan oleh perubahan hormon atau peningkatan hormon progesteron.

Pada bulan pertama, embrio telah terbentuk dan akan menerima nutrisi dan juga membuang sisa-sisa makanan melalui tali pusar dan plasenta. Pada akhir bulan pertama juga sistem pencernaan dari ari sudah mulai berkembang dan organ jantung pun sudah mulai berfungsi.

Pada bulan kedua, jantung sudah mulai memompa darah dan sistem saraf seperti otak dan sumsum tulang belakang sudah mulai berfungsi dan berkembang.

Janin sudah memiliki wajah, lengan, kaki dan semua organ-organ utama mulai muncul. Selain itu, kerangka tulang rawan yang lengkap juga sudah terbentuk pada bulan kedua ini.

Memasuki bulan sembilan, bayi sudah siap untuk dilahirkan dan sebagai patokan bahwa bayi yang lahir sehat biasanya akan memiliki berat badan sekitar 3-4 kg dengan panjang sekitar 20 inci.

Untuk menyehatkan sang ibu serta janinnya, wanita hamil dianjurkan untuk mengikuti diet sehat saat atau bahkan jauh-jauh hari sebelum mereka hamil.

Diet sehat ini akan mengurangi makanan yang mengandung kalori, lemak dan gula tinggi dan menggantinya dengan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan kandungan serat.

Saat hamil, dianjurkan juga untuk menambah porsi susu dan produk susu seperti keju dan yoghurt, porsi daging dan makanan berprotein tinggi. Minumlah 6-8 gelas air putih per harinya dan hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi.

Selain diet sehat dan menjaga asupan makanan dengan baik, wanita hamil juga dianjurkan untuk berolahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap prima. Olahraga yang dilakukan adalah olahraga ringan seperti jalan-jalan ringan setiap pagi disekitar komplek.

Sebelum olahraga, pastikan terlebih dahulu untuk pemanasan ringan dengan menggerakkan beberapa anggota tubuh seperti kepala tangan dan kaki. Setelah pemanasan maka dilanjutkan dengan berjalan-jalan pelan dan santai, sambil berjalan mengatur pernafasan.

Jika semua tips untuk wanita hamil dilakukan dengan benar, serta di berenergi dengan istirahat yang baik maka proses kehamilan bisa berjalan dengan lancar, dan ibu hamil bisa menjalani persalinan dengan baik seperti yang sudah diharapkan.

Posting Komentar untuk "Tips Sehat Sederhana Untuk Wanita Hamil"