Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Tanda Ciri Ciri Ibu Hamil

Tanda ciri ciri ibu hamil

5 Tanda ciri ciri ibu hamil. Untuk mengetahui ciri-ciri ibu hamil positif atau tidaknya biasanya dilakukan dengan menggunakan alat tes kehamilan atau test pack.

Namun sebenarnya untuk mengetahui ciri ciri kehamilan bisa dengan mengetahui beberapa perubahan kebiasaan ataupun perubahan fisik dari seorang wanita yang hamil tersebut. Berikut ini beberapa ciri atau gejala awal dari kehamilan.

Terlambat datang bulan

Datang bulan atau menstruasi terjadi jika sel telur yang dimiliki oleh wanita tidak dibuahi, jadi jika sel telur berhasil dibuahi maka menstruasi pun otomatis akan berhenti. Ini merupakan tanda awal seseorang yang sedang hamil.

Namun tanda ini bukanlah tanda yang baku karena pada wanita normal yang sedang tidak mengandung pun juga sering ditemukan keadaan dimana dirinya terlambat datang bulan, untuk itu agar lebih pastinya biasanya wanita yang sudah mengalami tanda terlambat datang bulan akan memeriksakan diri ke dokter atau test pack untuk memastikan terjadinya kehamilan yang terjadi pada dirinya.

Sering Kelelahan

Menurut hasil penelitian, salah satu ciri ciri wanita hamil adalah sering merasa lelah atau cape merupakan tanda paling awal dan umum dari kehamilan. Jika Anda sedang dalam proses mencoba untuk hamil maka disarankan jangan mengatasi rasa lelah ini dengan meminum obat peningkat stamina atau minuman berkafein. Namun atasi rasa lelah ini dengan cara memperbanyak waktu istirahat dan mengurangi berbagai aktifitas yang berat dan melelahkan.

Kepekaan yang meningkat

Apabila Anda menjadi meringis ketika melihat atau mencium bau makanan yang menyengat, maka bisa jadi ini merupakan ciri-ciri awal kehamilan. Kondisi tersebut disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta-HCG dalam tubuh wanita yang sedang hamil.

Aroma yang tidak sedap lainnya seperti dari asap rokok atau bahkan parfum pun bisa menyebabkan Anda menjadi tidak nyaman dan alergi. Jadi saat wanita positif hamil jauhkan berbagai benda yang menyengat agar tidak mengganggu dirinya.

Mual dan muntah

Sering mual dan muntah-muntah merupakan gejala yang umum dari kehamilan. Kondisi ini bisa berlangsung dari trimester pertama sampai usia kehamilan 19 minggu. Biasanya wanita hamil akan sering mengalami rasa mual yang luar biasa saat pagi hari atau dikenal juga dengan istilah morning sickness. dan ini merupakan ciri ciri biasa dari wanita yang mengalami hamil muda, dan akan menghilang ketika kandungan semakin tua.

Untuk meringankan kondisi ini bisa dengan tidak membiarkan perut Anda terlalu kosong. Bisa juga dengan banyak meminum air hangat yang dicampur dengan madu sebelum tidur dan saat bangun pagi. Selain itu, diperbolehkan juga untuk sering mengkonsumsi lemon atau daun peppermint untuk mencegah rasa mual yang berlebihan.

Payudara membesar dan berubah bentuk

Gejala umum lainnya dari kehamilan adalah sering mengalami kesemutan dan rasa nyeri di bagian payudara. Selain itu, payudara akan berubah bentuk dan membesar karena sedang dalam proses menghasilkan air susu ibu (ASI).Anda juga akan melihat bahwa area aerola pada payudara akan berubah warna menjadi lebih gelap daripada biasanya.

Semoga informasi yang kami sajikan pada artikel ini khususnya membahas 5 Tanda ciri ciri ibu hamil bisa menambah wawasan kita semua yang sedang merencanakan kehamilan. Dengan mengenali tanda-tanda atau ciri-ciri awal kehamilan, diharapkan kita bisa mengantisipasi apa saja yang harus dipersiapkan.

Kami dari sayangbayiku.com berusaha selalu menyajikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar kesehatan.

Posting Komentar untuk "5 Tanda Ciri Ciri Ibu Hamil"