Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 1 Tahun Yang Bagus

 Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 1 Tahun Yang Bagus

Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 1 Tahun Yang Bagus. Mungkin banyak dari orang tua yang belum tahu apakah perlu memberikan vitamin/suplemen pada bayi atau anak mengingat usianya yang masih kecil. Ada rasa ragu ketika kita memutuskan untuk memberikan vitamin tersebut.

Perlu ibu ketahui bahwa bayi pada dasarkan hanya membutuhkan nutrisi berupa ASI saja terlebih dahulu. Karena kandungan nutrisi pada ASI sudah mewakili semua kandungan gizi pada vitamin dan mineral. Kita harus mencari tahu apakah bayi kita benar-benar membutuhkan vitamin tersebut atau tidak.

Jangan hanya karena melihat saran dari orang apalagi promosi yang gencar dilakukan tenaga penjual vitamin atau suplemen tersebut sehingga kita sebagai orang tua langsung tergiur untuk membelinya. Padahal sebenarnya bisa saja bayi kita tidak membutuhkannya dan hanya boros uang saja. Sebagai orang tua kita harus jeli dan selektif terhadap tawaran-tawaran yang kita dengar dan kita lihat.

Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 1 Tahun Yang Bagus

Banyak sekali kita temukan di pasaran merk vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang bagus untuk perkembangan anak dan memaksimalkan kemampuan otak. Lalu bagaimana sebenarnya penjelasannya tentang penggunaan vitamin ini pada bayi? pada artikel ini kita akan membahasnya lebih dalam lagi. Sebelum kita membahasnya, mari kita ulas apa saja kandungan atau atau jenis vitamin dan manfaatnya.

1. Vitamin A

Dari sebuah penelitian bahwa vitamin A bisa mengurangi angka kematian sebesar 24% dan menurunkan kematian akibat penyakit diare sebesar 38%. Vitamin A yang diberikan pada bayi berupa kapsul dan ada 2 macam kapsul yaitu kapsul biru dan kapsul merah. Kedua kapsul ini diberikan pada bayi usia 6-11 bulan berupa kapsul biru, dan 1-5 tahun berupa kapsul merah.

Pemberian Vitamin A ini menurut WHO diberikan sebesar 100.000 U pada usia 6-11 bulan dan 200.000 U pada usia 12-59 bulan. Program pemerintah melalui Kemenkes RI pemberian vitamin ini diberikan setiap bulan februari dan agustus setiap tahun. Untuk informasi lengkapnya silahkan tanyakan ke rumah sakit atau puskesmas.

2. Zat Besi

Zat besi berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan perkembangan otak serta meningkatkan konsentrasi. Pemberian suplemen yang mengandung zat besi ini sangat disarankan diberikan setiap hari dalam jangka waktu 3 bulan dan diberikan setiap hari dalam 1 tahun pada saat bayi yang sudah berusia 6 bulan.

3. Vitamin D

Pemberian Vitamin D pada bayi berguna untuk pembentukan tulang. American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan pemberian vitamin D 400 IU pada bayi yang mengkonsumsi ASI eksklusif, pada bayi yang mengkonsumsi susu formula kurang dari 1 liter per hari dan remaja. Sebenarnya belum ada pembuktian secara ilmiah yang menyarankan pemberian suplemen vitamin D pada anak secara rutin di Indonesia.

4. Zink

Anak juga memerlukan suplemen yang mengandung zinc karena terbukti bisa mengurangi diare dan juga pneumonia pada anak. Disamping itu dengan pemberian suplemen ini juga mampu memberikan efek positif terhadap angka kematian yang diakibatkan oleh penyakit infeksi. Pemberian suplementasi zink ini rutin diberikan pada anak minimal 2 bulan setiap 6 bulan sekali pada usia 6 sampai 23 bulan.

5. Iodium

Iodium merupakan mineral yang sangat penting bagi bayi dan berguna untuk pertumbuhan tinggi badan dan berat badan serta berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2013 bahwa rumah tangga yang mengkonsumsi garam beryodium hanya 77.1%. Sehingga balita yang kekurangan yodium sangat perlu diberikan suplemen ini.

Agar ibu mendapatkan penjelasan lebih detail lagi terkait dengan pemberian vitamin atau merk vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang bagus, perlu berkonsultasi langsung dengan dokter. Sehingga dokter bisa merekomendasikan apakah perlu bayi kita diberikan vitamin tersebut dan seberapa banyak dosisnya serta waktu dan jangka waktu pemberiannya.

Terkait dengan pemberian vitamin/suplemen pada bayi sebaiknya anda mencari informasi yang lebih akurat lagi ke dokter dan rumah sakit. Jadi jika pertanyaannya perlukah vitamin untuk bayi dan anak, dan apa merk vitamin penambah nafsu makan anak 1 tahun yang bagus, maka jawabannya tergantung kebutuhan dari anak. sehingga penting untuk dikonsultasikan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Merk Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak 1 Tahun Yang Bagus"