Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan

 Cara Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan

Cara Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan. Sebagai orang tua tentu kita merasa khawatir jika anak kita tidak nafsu makan. Kecemasan apakah dia akan sakit atau apakah ada masalah dengan teman-temannya. Atau mungkin dia sedang marah, dan masih banyak pertanyaan lainnya dalam pikiran kita. Apapun alasannya, tentu masalah tersebut tidak boleh dibiarkan terlalu lama.

Tidak selamanya pertumbuhan anak selalu cepat, ada masanya terjadi penurunan pertumbuhan anak. Misalnya saja ketika anak sudah memasuki usia prasekolah, maka pertumbuhan badannya tidak secepat sebelumnya. Sehingga nafsu makannya akan menurun dan nutrisi yang diserap tubuh juga lebih sedikit. Penurunan nafsu makan anak pada saat prasekolah merupakan hal yang wajar.

Bukan hanya faktor pertumbuhan saja yang mempengaruhi nafsu makan anak, faktor lingkungan sekelilingnya juga bisa berpengaruh. Anak yang akan memasuki usia prasekolah lebih suka bermain di lingkungan sekitarnya sehingga dia akan malas makan dan waktu makannya tidak menentu. Hal inilah yang menjadi penyebab turunnya nafsu makan anak.

Turunnya nafsu makan hanya berlangsung sementara saja, sehingga anda tidak perlu khawatir secara berlebihan. Jika anak malas makan dan tidak menghabiskan makanannya, ibu tidak perlu memarahinya dan memaksanya. Apabila dia merasa lapar, maka dia akan mencari dan menghabiskan makanannya dan ketika kenyang dia akan berhenti.

Meskipun demikian, anda tetap harus memantau nutrisi yang terkandung dalam makanan anak. Jangan sampai anak kekurangan gizi sehingga berat badan anak turun. Jika anak-anak masih ideal berat badannya dan terus bertambah, maka anda tidak perlu khawatir mengenai nafsu makan anak yang turun. Penurunan nafsu makan biasanya terjadi pada usia bayi 8 bulan, pada artikel ini kita akan membahas cara menambah nafsu makan bayi 8 bulan.

Namun jika berat badan anak dilihat dari perkembangan terus menurun, maka anda perlu merasa khawatir karena anak akan mudah sakit. Akibat lainnya anak akan cepat lelah dan lesu. Tentu saja kita tidak ingin hal tersebut terjadi pada anak-anak, yang perlu kita perhatikan adalah jangan sampai penurunan nafsu makan anak mempengaruhi turunnya berat badan anak.

Cara Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan

Kita tidak ingin membiarkan kondisi ini terus berlangsung pada anak-anak. Ada beberapa cara menambah nafsu makan bayi 8 bulan yang bisa anda lakukan, yaitu:

Berikan pilihan pada anak untuk menentukan makanan apa yang dia inginkan. Biarkan dia memilih sendiri makanan yang anda tawarkan dan seberapa banyak porsinya. Disamping kita mengajarkan dia untuk mengambil keputusan dari beberapa pilihan yang ada, dia juga akan belajar mengatur makanannya sendiri.

Meskipun nafsu makan anak menurun, tapi anda tetap berusaha menawari dia makan, jika perlu mengurangi porsi makannya menjadi lebih sedikit namun frekuensi lebih sering. Normalnya anak-anak akan butuh makan 4 sampai 6 kali dalam satu hari dengan porsi yang kecil.

Cara menambah nafsu makan bayi 8 bulan berikutnya adalah memberikan variasi pada menu makanannya sehingga anak tidak merasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Mungkin jenis lauk dan sayurannya diganti dengan yang lain, namun tidak mengurangi kandungan nutrisinya.

Yang perlu anda perhatikan adalah jangan pernah memaksa anak untuk menghabiskan makanannya. Biarkan anak makan sesuai dengan porsi yang dia inginkan, dan apabila makanannya bersisa, maka selanjutnya anda bisa mengurangi porsi makannya.

Penting juga membuat anak merasa nyaman pada saat makan sehingga waktu makan merupakan saat yang menyenangkan. Dengan begitu anak akan merasa nyaman dan nafsu makannya akan bertambah. Pada saat makan hindari hal-hal yang bisa mengganggu waktu makan, misalnya menonton tv atau makan tapi masih ada mainan di atas meja makan.

Memang butuh keterampilan dan siasat yang banyak untuk menghadapi anak yang tidak nafsu makan. Kita harus mengenali apa saja yang menjadi penyebabnya anak tidak nafsu makan, sehingga kita tidak meresponnya dengan kecemasan yang berlebihan apalagi dengan memaksakan kehendak.

Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Mungkin sebagian orang tua mencoba memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anaknya yang susah makan atau tidak nafsu makan. Pemberian vitamin penambah nafsu makan merupakan alternatif yang bisa ibu lakukan, namun bukan yang utama.

Banyak sekali dijual merk vitamin sebagai salah satu cara menambah nafsu makan bayi 8 bulan. Sebelum memutuskan untuk membeli, coba lihat review vitamin penambah nafsu makan anak yang sudah pernah membelinya. Namun anda harus berkonsultasi dengan dokter terkait produk yang sesuai untuk anak-anak.

Ada beberapa vitamin yang dipercaya bisa menambah nafsu makan anak, yaitu:

  1. Vitamin A. Vitamin A sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak seperti memelihara kesehatan mata dan kulit serta daya tahan tubuh.
  2. Vitamin B kompleks. Vitamin ini berperan penting dalam meningkatkan nafsu makan anak serta perkembangan otak dan fisiknya.
  3. Vitamin C. Fungsi utama vitamin c adalah sebagai antioksidan dan membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Zat besi merupakan faktor utama pembuatan sel darah merah sehingga bisa menambah nafsu makan anak.
  4. Vitamin D. Penyerapan kalsium sangat terbantu dengan adanya vitamin D. Disamping itu, vitamin D juga berfungsi untuk perkembangan tulang & gigi. Sumber utama vitamin D berasa dari telur, keju, ikan dan susu.

Namun ibu tidak perlu terburu-buru memberikan suplemen tersebut pada anak. Jika kondisi anak masih dalam tahap perkembangan yang normal dan berat badannya tidak turun secara drastis akibat dari turunnya nafsu makan anak, maka anda tidak perlu memberikannya suplemen vitamin.

Madu Penambah Nafsu Makan Anak

Apakah benar madu bisa menambah nafsu makan anak? Mungkin madu bisa menjadi alternatif lain untuk menambah nafsu makan anak. Pemanis alami yang terdapat pada madu dipercaya bisa menambah nafsu makan anak. Selain bisa menambah nafsu makan anak, kandungan nutrisi pada madu juga sangat tinggi.

Anak yang suka memilih-milih makanan tentu merupakan masalah tersendiri bagi orang tua. Terkadang anak melakukan aksi tutup mulut apabila disodorkan makanan. Anda bisa memberikan madu sebanyak 1 sampai 2 sendok teh sebelum makan. Antioksidan yang terdapat pada madu juga bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh anak sehingga anak tidak gampang sakit.

Post a Comment for "Cara Menambah Nafsu Makan Bayi 8 Bulan"