Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Topik cara merawat bayi baru lahir merupakan topik yang sangat penting bagi orang tua atau pasangan yang baru saja memiliki momongan atau anak. Tentu saja pengetahuan tentang bagaimana cara merawat bayi yang baik dan benar sangat penting bagi perkembangan bayi itu sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan mempelajari dan mengetahui tips tips bagaimana cara merawat bayi baru lahir dengan membeli buku, konsultasi ke dokter anak, atau mencari artikel yang berhubungan dengan bayi, salah satunya artikel yang anda baca di website ini.

Mungkin anda sebagai calon ibu sudah mempersiapkan semuanya sebelum bayi lahir, misalnya mengikuti program ibu hamil, konsultasi dengan dokter anak, mengikuti semua saran yang diberikan oleh ahli gizi, sampai dengan mempersiapkan keperluan bayi setelah lahir ke dunia. Namun kadang semua hal yang sudah anda persiapkan sering dilupakan bahkan diabaikan karena pengaruh dari kondisi fisik dan psikis dari calon ibu yang mengalami stres.

Dalam kondisi seperti ini anda perlu sedikit lebih santai dan tenang. Ketika bayi sudah lahir yang perlu ibu lakukan adalah menjalin kedekatan antara ibu dan bayi. Dalam beberapa hari pertama, yang paling penting adalah kedekatan dengan ibu.

Pelajaran pertama dalam perawatan bayi, yaitu bagaimana cara mengganti popok bayi dengan benar. Seperti kita ketahui bahwa perawatan bayi menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari bagi para orang tua yang baru saja memiliki momongan. Penting sekali meningkatkan pengetahuan orang tua dengan menggali informasi dan pengalaman dari teman-teman yang sudah memiliki anak, dan juga nasehat dari orang tua kita sendiri. Itu semua bertujuan tentu saja bagaimana anak kita bisa tumbuh dan berkembang nantinya dengan sehat dan cerdas.

3 Aturan Dasar Perawatan Bayi

Dengan perawatan bayi yang tepat , dapat membantu anak-anaknya agar tetap sehat dan para orang tua selalu waspada. Berikut adalah beberapa aturan penting yang harus diikuti oleh semua orang tua baru saat merawat si kecil:

Pada saat memandikan bayi harus secara teratur, suhu air mandi untuk bayi harus selalu 37 derajat dan suhu kamar tidak boleh di bawah 25 derajat, jika tidak, ada risiko bayi masuk angin. Air baik sangat memadai untuk kesenangan mandi bagi bayi kecil; sedikit minyak di dalam air membuat kulit tetap kenyal dan membantu mencegah kulitnya tidak terlalu kering.

Bedong bayi secara teratur mencegah bokong bayi menjadi sakit, yang juga harus dilindungi dari kemerahan. Untuk bayi perempuan, selalu usap ke arah pantat gadis kecil, jika tidak, bakteri dapat masuk ke dalam vagina dan menyebabkan infeksi kandung kemih yang buruk di sana. Jika Anda menggunakan waslap sebagai pengganti tisu basah saat membersihkan, pastikan untuk merebusnya secara teratur pada saat menggunakannya dan setelahnya, khusus untuk area bokong bayi. Jangan lupa keringkan!

Kuku bayi harus dipotong dan dibersihkan secara teratur, gunanya agar bayi tidak melukai wajahnya sendiri atau anak-anak yang lain, atau kotoran bisa menempel pada kukunya yang panjang. Kemudian kuku di kaki si kecil juga harus dipotong secara teratur dan benar:

Namun, karena ketiga aturan dasar ini tidak mencakup semuanya terkait perawatan bayi, kami memiliki lebih banyak tips untuk Anda di sini!

Perawatan Bayi – Tips Tentang Peralatan Yang Tepat

Pada saat waktunya perawatan bayi, orang tua tidak harus dilengkapi dengan sempurna sejak hari pertama bayi lahir. Area ganti tetap harus tersedia untuk beberapa hari pertama, sebaiknya dengan lampu pemanas yang dipasang secara permanen. Persediaan popok yang baik menghindari perjalanan yang tidak direncanakan dan sibuk ke supermarket, kemudian sediakan ember popok dengan penutup untuk mencegah bau yang tidak sedap.

Beberapa popok kain juga bagus dalam beberapa hari pertama: Bayi baru lahir sering mengembangkan kebiasaan yang agak tidak menyenangkan yaitu memuntahkan sebagian makanan susu mereka dalam jumlah banyak. Popok kasa tidak hanya melindungi pakaian dan furnitur, tetapi juga merupakan pertolongan pertama yang praktis untuk pembersihan.

Perlengkapan dasar dalam perawatan bayi juga termasuk waslap, yang dapat digunakan untuk membersihkan bokong bayi. Setelah beberapa waktu, bayi yang baru lahir juga bisa mandi untuk pertama kalinya. Apakah di ember atau di bak tergantung selera. Tempat mandi bayi bisa dibuat senyaman mungkin, misalnya dengan tambahan tempat duduk.

Ketika sudah berada di rumah, saatnya untuk melengkapi peralatan untuk perawatan bayi : Sekarang juga harus ada termometer klinis di rumah, gunting kuku bayi, sikat rambut yang lembut, tisu basah dan lap basah untuk bepergian dan tentu saja harus disediakan tas popok bayi agar memudahkan meletakkan dan membawa semua popok bayi pada saat bepergian ke luar rumah.

Tips Perawatan Bayi Secara Umum

Dalam hal perawatan bayi , terkadang banyak yang harus kita persiapkan, kita ditawari referensi dari media, televisi, majalah tentang apa saja yang diperlukan dan dipersiapkan untuk kebutuhan bayi. "Aturan kosmetik" harus diabaikan sepenuhnya dalam beberapa minggu pertama. Karena banyak produk yang mengandung pewarna, pengawet, minyak mineral (parafin), parfum, minyak atsiri atau pengemulsi PEG - zat yang cepat memicu alergi pada bayi.

Bidan biasanya akan merekomendasikan jenis minyak yang aman untuk kulit bayi. Tanyakan saja jika Anda masih tidak yakin! 

Post a Comment for "Cara Merawat Bayi Baru Lahir"