Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

9 Manfaat Tomat Yang Begitu Vital Bagi Kesehatan

9 Manfaat Tomat Yang Begitu Vital Bagi Kesehatan

Tomat merupakan buah yang berasal dari Amerika Selatan dan mulai di budidayakan di seluruh dunia setelah kolonisasi Spanyol di Amerika.

Saat ini, tomat begitu mudah ditemukan di hampir seluruh negara. Juga, manfaat tomat telah diteliti dan hasilnya begitu luar biasa dan inilah 9 bentuk manfaat tomat.

Manfaat Tomat Yang Begitu Vital Bagi Kesehatan

Pencegahan Kanker

Tomat merupakan sumber antioksidan dan fitonutrien, serta terkait dengan penurunan risiko kanker. Salah satu studi menunjukkan bahwa empat porsi tomat per minggu bagi pria mampu mengurangi risiko kanker prostat sebesar 40%.

Selain itu, sebuah studi di University of Montreal menghubungkan lycopene sebuah antioksidan dalam tomat dengan penurunan risiko kanker pankreas, dan hasilnya positif.

Tomat juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru pada beberapa studi.

Tinggi Dalam Antioksidan

Tomat mengandung tiga antioksidan sekaligus yaitu vitamin C, vitamin A dan beta-karoten. Mereka juga mengandung jumlah yang baik terhadap mangan dan vitamin E.

Tentu saja dengan kumpulan antioksidan luar biasa tersebut, tomat mampu memberikan manfaat kesehatan terbaik bagi Anda.

Kesehatan Jantung

Lycopene, vitamin C, dan antioksidan utama lainnya yang ditemukan dalam tomat dikenal mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan menambahkan oksigen ke dalam aliran darah, meningkatkan sirkulasi, menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan profil lemak darah.

Kesehatan Tulang

Antioksidan seperti lycopene mungkin penting dalam menjaga kesehatan tulang karena membantu mencegah stres oksidatif. Tingginya tingkat potasium yang ditemukan dalam tomat juga dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda.

Anti-inflamasi

Tomat mengandung karotenoid beberapa dianggap efektif agen anti-inflamasi. Sayuran dengan tingkat tinggi antioksidan juga dianggap bermanfaat bagi sistem peradangan tubuh.

Kalium

Tomat kaya dengan potasium, vitamin sering ditemukan kekurangan dalam diet manusia. Rendahnya tingkat kalium telah dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, arthritis, kanker, dan gangguan pencernaan.

Kesehatan Mata

Penelitian telah menghubungkan antioksidan dalam tomat dengan penurunan risiko degenerasi makula. Lycopene dan vitamin A yang diperkirakan memiliki efek yang paling positif pada mata.

Diabetes

Tomat merupakan sumber yang baik dari kromium mineral sebuah zat yang dapat membantu penderita diabetes mengatur kadar gula darah.

Penurunan Berat Badan

Makanan yang mengandung tomat telah dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas. Tomat adalah makanan berkalori rendah dan padat gizi sehingga membuat mereka menjadi makanan yang sehat untuk setiap program penurunan berat badan yang efektif.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Tomat Yang Begitu Vital Bagi Kesehatan"