Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

3 Tips Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

3 Tips Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat

3 Tips Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat. Hidung tersumbat terjadi ketika pembuluh darah di bagian hidung menjadi meradang. Hal ini menyebabkan membran bengkak, sehingga hidung menjadi tersumbat.

Meskipun ada banyak obat tersedia untuk mengobatinya, mencegah adalah perilaku yang dapat membantu Anda untuk menghindari ketidaknyamanan yang terkait dengan kondisi ini.

Anda dapat menghindari hidung tersumbat dengan menjauhi makanan dan minuman yang menebalkan lendir, meningkatkan kelembaban di rumah Anda dan menghindari alergen serta iritan.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa makanan menyebabkan tubuh untuk mulai memproduksi lebih banyak lendir, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala penyumbatan.

Menurut Salah satu rumah sakit di Pennsylvania merilis bahwa coklat, kopi dan produk susu dapat meningkatkan produksi lendir. Hindari makanan ini jika mereka cenderung menyebabkan hidung tersumbat.

Juga, minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari dan pilihan terbaik adalah air, jus buah alami, kaldu ayam dan teh herbal.

Tingkatkan Kelembaban

Meningkatkan kelembaban di ruangan yang kering dapat membantu menghindarkan hidung anda dari penyumbatan. Beberapa cara untuk meningkatkan kelembaban antara lain mandi air panas dan menghirup uap untuk membantu melonggarkan kemacetan dan sekresi hidung.

Jika Anda ingin menambahkan kelembaban untuk ruang seperti kamar tidur atau ruang tamu, alat penguap yang akan melepaskan uap air ke udara bisa menjadi pilihan utama.

Jika Anda berada di tempat kerja dan tidak mampu mandi air panas atau menambahkan humidifier ke kamar, buatlah minuman panas seperti teh atau kaldu.

Hindari Alergen dan Iritasi

Profesional medis di University of Rochester mengutip alergi sebagai salah satu penyebab utama hidung tersumbat.

Makanan, bahan kimia dan iritasi udara menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak histamin, yang menyebabkan hidung meler dan mata berair.

Jika Anda sudah tahu alergi hidung, hindari zat yang memicu reaksi alergi. Jika pekerjaan Anda menghadapkan Anda untuk bahan kimia industri, debu atau polutan lainnya, pakailah masker saat Anda bekerja untuk mencegah alergen dari menyebabkan hidung tersumbat.

Obat alergi harian mungkin diperlukan untuk membantu mencegah hidung tersumbat berhubungan dengan alergi rhinitis dan sinusitis.

Shippensburg University menyarankan bahwa siapa pun yang memiliki masalah dengan hidung tersumbat maka harus berhenti merokok dengan segera.

Asap merupakan iritan yang dapat menyebabkan pembuluh darah di bagian hidung membengkak, menyebabkan perasaan tidak nyaman dari hidung tersumbat.

Post a Comment for "3 Tips Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat"