Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu

 Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu

Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi baru lahir dan sedapat mungkin harus diberikan dalam kondisi apapun. Kandungan yang terdapat pada ASI tidak tergantikan oleh susu formula paling bagus sekalipun.

Perkembangan bayi sangat bergantung pada nutrisi yang diberikan oleh orang tuanya. Jadi jangan pernah melewatkan proses yang sangat berharga bagi perkembangan buah hati kita kedepannya. Proses menyusui memang tidak semua ibu bisa melakukannya dengan mudah.

Bagi ibu yang memiliki ASI yang melimpah tentu tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi bayinya. Namun berbeda halnya dengan ibu yang memiliki kendala dengan jumlah sedikit ASI keluar. Tentu saja ada banyak faktor yang mempengaruhinya seperti tersumbatnya saluran ASI yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu Cara Melancarkan Asi Yg Tersumbat.

Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu

Menyusui bayi memang tidak mudah, selalu ada kendala yang kadang bisa sangat merepotkan para ibu misalnya saja bayi rewel. Penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu memang sering terjadi dan akan kita bahas pada artikel ini lebih detail lagi.

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu ibu ketahui terkait dengan penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu diantaranya yaitu:

1. Kondisi Bayi Sedang Sakit

Sakit merupakan hal yang sering terjadi pada bayi yang masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Hal ini disebabkan sistem metabolisme tubuh bayi belum sempurna dan butuh proses serta waktu untuk sempurna.

Respon bayi pada saat merasakan sakit adalah dengan menangis dan biasanya diawali dengan kondisi rewel. Jika bayi menangis disebabkan oleh sakit, biasanya akan berlangsung lama dan sering. Karena hanya dengan menangislah bayi mencoba mengekspresikan perasaannya kepada orang lain.

Kondisi sakit inilah yang menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu, apalagi sakitnya pada bagian mulut dan kerongkongan.

2. Menyusui Bayi Dengan Posisi Yang Salah

Penting untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar sehingga posisi bayi akan nyaman dan mudah untuk menelan ASI. Posisi bayi pada saat disusui akan sangat mempengaruhi jumlah ASI yang dihisap.

Semakin baik posisi bayi, maka bayi akan menyusui dengan mudah dan nyaman sehingga akan menghindari salah satu penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu.

3. Gigi Bayi Tumbuh

Gigi bayi tumbuh bisa menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. Hal ini bisa disebabkan adanya rasa gatal pada area mulut bayi sehingga bayi akan merasa tidak nyaman dan bahkan tidak mau menyusu. Namun khusus untuk gigi bayi yang baru tumbuh, kadang ada sebagian bayi justru lebih kuat menyusunya bahkan durasinya lebih lama.

4. Perubahan Rasa ASI

Bayi sangat peka untuk mengenali perubahan rasa, terutama pada makanan atau minuman. Sedangkan rasa pada ASI bisa saja berubah rasanya dan jika itu terjadi maka bayi akan merasakannya dan bisa menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu.

Perubahan rasa ASI sangat tergantung dari jenis makanan yang ibu konsumsi setiap hari. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui apa saja makanan yang direkomendasikan untuk ibu menyusui dan makanan apa saja yang tidak boleh.

Selain faktor makanan, penyebab perubahan rasa ASI bisa disebabkan oleh jenis obat-obatan yang dikonsumsi selama ibu menyusui. Itulah pentingnya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika ibu harus mengkonsumsi obat-obatan tertentu untuk menghindari resiko terjadinya alergi pada bayi.

5. Perubahan Aroma Tubuh Ibu

Hati-hati bagi ibu yang sering gonta-ganti parfum. Hal ini bisa menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu. Bukan saja parfum, tapi sabun mandi, bahkan deodoran yang ibu pakai juga berpengaruh pada kondisi menyusui bayi. Mungkin ini hal sepele yang jarang diperhatikan oleh ibu-ibu. Namun secara tidak langsung akan mempengaruhi bayi ketika menyusui.

Itulah 5 hal yang menjadi penyebab bayi rewel dan tidak mau menyusu yang perlu ibu ketahui. Banyak hal-hal sepele yang luput dari perhatian kita justru berpengaruh pada kondisi bayi terutama pada saat menyusui. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita, dan jika bermanfaat silahkan share. Terimakasih.

 

Post a Comment for "Penyebab Bayi Rewel Dan Tidak Mau Menyusu"