Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Anak Menangis Tanpa Sebab Di Malam Hari

 Anak Menangis Tanpa Sebab Di Malam Hari

Anak menangis tanpa sebab di malam hari. Setiap malam sering kita mengalami kondisi dimana bayi sering menangis tanpa sebab. Bahkan pada saat sedang tidur, tiba-tiba saja bayi terbangun dan langsung menangis. Hal ini sering terjadi pada bayi yang berusia di bawah 3 tahun.

Kadang kita sebagai orang tua merasa panik atau kaget jika anak menangis tanpa sebab di malam hari, bahkan sulit untuk didiamkan. Respon orang tua tentu dengan memberikannya susu jika menggunakan susu botol. Sebaiknya pada malam hari ibu mempersiapkan susu botol agar respon kita terhadap bayi yang menangis atau haus, kita bisa langsung memberikan susu.

Namun terkadang masalah anak menangis tanpa sebab di malam hari bukan karena dia haus atau lapar, mungkin saja karena dia mimpi. Kondisi bayi mimpi sering dialami bayi, dan kadang kita bisa melihat ekspresi wajahnya pada saat mimpi, apakah terlihat sedih atau tersenyum.

Jika masalahnya bukan karena haus atau lapar, ibu bisa mencoba menggendongnya dan mengayunkannya dengan perlahan sambil membawanya berjalan sekeliling kamar. Kadang anak masih tetap menangis meskipun sudah digendong, tentu kita sebagai orang tua merasa kerepotan.

Anak rewel pada usia 1 -7 tahun merupakan hal yang wajar dan sering terjadi. Kondisi ini berkaitan dengan emosional anak yang tidak terkontrol. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, diantaranya yaitu:

  • Pada saat anak terbangun di malam hari sering dalam keadaan takut dan merasa sendirian.
  • Penyebab lainnya mungkin saja anak mengalami mimpi buruk atau kondisi emosional yang terjadi di siang hari.
  • Kelelahan merupakan faktor yang sering dialami anak-anak sehingga kondisi emosional anak menjadi tidak terkendali.
  • Yang terakhir adalah kondisi lingkungan, tingkat kebisingan atau keributan yang ada di lingkungan anak akan mempengaruhi emosionalnya.

Anak Menangis Tanpa Sebab Di Malam Hari

Menurut penelitian sekitar 40% anak menangis tanpa sebab di malam hari berhubungan dengan masalah kesehatan. Berikut ini faktor anak menangis tanpa sebab di malam hari dan yang paling sering terjadi.

1. Anak Mengalami Mimpi Buruk di Malam Hari

Mimpi buruk merupakan gangguan tidur yang sangat sering dialami pada anak-anak. Mereka akan terbangun seketika dan merasakan ketakutan, bahkan hingga menangis. Lebih sulit bagi anak untuk tidur kembali setelah terbangun dari mimpi buruknya.

Kondisi ini akan berakibat buruk bagi anak jika sering terjadi setiap malam, sehingga dia akan merasa kesulitan tidur di malam hari. Akan ada ketakutan yang dia rasakan apabila sudah malam dan memulai tidur. Inilah yang menjadi penyebab anak menangis tanpa sebab di malam hari. Masalah ini bisa dialami oleh anak laki-laki maupun anak perempuan.

2. Adanya Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan atau dalam medisnya disebut dengan gangguan patologis merupakan gangguan yang bisa terjadi akibat pencernaan anak yang tidak lancar sehingga anak akan gelisah sepanjang hari hingga malam hari.

Rasa tidak nyaman yang dialami anak akan mengakibatkan dia tidur tidak nyenyak. Dia akan gelisah sepanjang malam dan terkadang seperti menahan rasa sakit dan merengek. Jika terkait dengan pencernaannya, anak biasanya BAB tidak lancar dan keras. Terkadang anak akan muntah dengan bau asam dan perut kembung.

3. Popoknya Basah dan Kotor

Sebagian anak akan merasa risih dan gelisah jika popoknya basah dan berat akibat dari penumpukan kotoran dan urine. Mungkin sebagian anak tidak ada masalah dengan ini dan bisa tidur dengan nyenyak. Namun bagi anak yang sensitif dan tidak nyaman dengan kondisi ini, tentu kita sebagai orang tua harus siap siaga dan sering mengecek kondisi popok anak.

Jika popok anak sudah basah, maka sebaiknya langsung diganti, meskipun anda tidak rewel. Artikel khusus tips mengganti popo bayi bisa anda baca di sini cara mengganti popok bayi baru lahir. Hal ini bukan saja untuk mengantisipasi anak menangis tanpa sebab di malam hari, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan kulitnya. Ruam popok merupakan kondisi yang sering terjadi pada kulit bayi yang diakibatkan oleh pemakaian popok yang tidak baik dan jarang mengganti popok bayi yang sudah kotor.

Post a Comment for "Anak Menangis Tanpa Sebab Di Malam Hari"