Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Seputar Kehamilan

Hal Yang Wajib Anda Ketahui Seputar Kehamilan

Pada saat anda sudah memasuki masa kehamilan, akan ada banyak kejadian yang berharga dan sulit untuk dilupakan. Banyak hal yang perlu anda ketahui, perhatikan dan lakukan mulai dari kesehatan ibu dan bayi, perawatan selama hamil dan perawatan pasca melahirkan serta terkait dengan hubungan intim.

Proses Pembuahan

Kehamilan dimulai dari proses pembuahan, yaitu bertemunya sel sperma dengan sel telur. Prosesnya dimulai dari jutaan sel sperma menuju sel telur dan hanya satu sel sperma yang berhasil menuju sel telur.

Setelah sel sperma masuk ke dalam sel telur dengan membawa kode genetik, kemudian kode genetik sel sperma menyatu dengan kode genetik sel telur. Penentuan jenis kelamin ditentukan oleh 46 kromosom sperma sehingga tersusunlah karakteristik genetik.

Sel tersebut kemudian akan membelah hingga menjadi 30 dan berkumpul dan dinamakan dengan morula. Pada lapisan rahim, morula tersebut akan tertanam pada lapisan endometrium. Selanjutnya sel ini akan berkembang dan semakin matang hingga menjadi blastokista. Pada proses ini akan mempengaruhi siklus menstruasi ibu dan siklusnya akan berhenti. 

Kehamilan Pada Trimester Pertama

Banyak ibu-ibu yang belum tahu cara menghitung dimulainya tanggal kehamilan. Perhitungannya dimulai pada saat hari pertama siklus menstruasi berakhir. Sedangkan proses pembuahannya terjadi pada umumnya di minggu kedua. Waktu pada trimester pertama adalah minggu pertama hingga minggu ke 13 pada masa kehamilan.

Pada trimester pertama ini tidak terlalu kelihatan adanya perubahan secara fisik pada ibu. Namun di dalam tubuh ibu sudah terjadi perubahan, misalnya saja jumlah hormon akan berubah secara drastis. Dalam rahim akan terbentuk janin dan plasenta serta suplai darah dari tubuh ibu akan dibawa ke janin sebagai sumber nutrisi dan oksigen bagi janin.

Organ tubuh janin akan mulai berkembang pada akhir trimester pertama. Itulah sebabnya pada trimester pertama ini sangat penting menjaga pola makan yang sehat agar nutrisi pada janin bisa terpenuhi. Jenis zat yang sangat penting pada masa ini adalah asam folat. Asam folat berguna agar bayi tidak lahir cacat.

Keguguran biasanya sering terjadi pada trimester pertama ini. Meskipun pada masa ini sangat rentan terjadi keguguran, namun anda tidak perlu khawatir. Dengan selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh serta rutin melakukan kontrol ke dokter bisa meminimalisir terjadinya resiko keguguran. 

Kehamilan Pada Trimester Kedua

Trimester kedua dimulai pada minggu ke 13 hingga minggu ke 27. Pada periode ini biasanya masa paling nyaman untuk ibu hamil karena gejala sudah tidak ada lagi seperti mual dan muntah. Perubahan secara fisik pada ibu hamil sudah mulai terlihat dengan membesarnya perut.

Dengan berangsur berkurangnya rasa mual pada periode ini, namun keluhan secara umum masih dirasakan. Keluhan tersebut seperti nyeri pada ulu hati, punggung terasa sakit, kaki terasa kram, hingga berkurangnya selera makan.

Pergerakan janin sudah mulai terasa pada trimester kedua ini, biasanya pada minggu ke 20 pergerakan janin sudah mulai terasa untuk pertama kalinya. Bahkan janin sudah bisa mengenali dan mendengar suara ibunya. Pada trimester keduanya ini segala permasalahan medis baik itu masalah genetik keluarga harus dibicarakan dengan dokter untuk menghindari resiko. 

Pada umumnya semua organ tubuh janin sudah terbentuk pada periode ini seperti otak, jantung, ginjal, dan paru-paru. Dokter sudah bisa melihat jenis kelamin janin pada periode ini dengan bantuan alat USG.

Kehamilan Pada Trimester Ketiga

Jika usia kehamilan sudah memasuki minggu ke 28, maka kehamilan sudah berlangsung pada periode trimester ketiga. Perkembangan janin sudah mulai meningkat seperti sudah mulai bisa menutup dan membuka matanya, menendang, bahkan sudah bisa merespon adanya cahaya.

Usia kehamilan menginjak umur 8 bulan, organ tubuh janin sudah mulai berkembang dengan cepat. Pergerakannya di dalam rahim sudah mulai terasa seperti menendang. Otaknya juga sudah berkembang dengan cepat. Pada minggu ke 34-36 organ tubuhnya seperti paru-paru sudah terbentuk dan bekerja dengan baik.

Meskipun ini hanyalah pengetahuan umum yang perlu dan wajib ibu ketahui, namun untuk penanganan dan tindakan perlu melakukan kontrol ke dokter atau puskesmas. Hal ini perlu dilakukan agar setiap peralihan periode kehamilan setiap minggunya bisa terlihat dan menghindari adanya resiko.

Post a Comment for "Hal Yang Wajib Anda Ketahui Seputar Kehamilan"