Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Untuk Ibu Hamil Beserta Manfaatnya

Makanan Untuk Ibu Hamil Beserta Manfaatnya

Perkembangan janin dan kesehatan ibu sangat dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi selama kehamilan. Itulah sebabnya ibu harus mengetahui apa saja makanan bergizi yang wajib dikonsumsi.

Kebutuhan nutrisi selama ibu hamil wajib tercukupi, tapi ada jenis makanan bergizi yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu selama kehamilan seperti daging mentah, telur setengan matang, produk olahan susu tanpa melalui proses pasteurisasi atau pemanasan selama beberapa waktu.

Baca juga: Makanan Penambah Asi Agar Banyak

Apa Saja Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil?

Ibu yang dalam masa kehamilan perlu memperhatian asupan nutrisi baik itu dari segi jumlah maupun jenisnya. Dengan seiring bertambahnya usia kehamilan maka asupan gizi juga semakin bertambah.

Biasanya memasuki kehamilan pada trimester ke 2 dan ke 3 akan ada penambahan asupan kalori hingga 340-450 kalori dalam 1 hari. Untuk memenuhi asupan kalori itu ibu harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, diantaranya:

1. Sayur Bayam

Daun bayam yang diolah menjadi sayuran, bisa di tumis atau direbus sangat baik sebagai nutrisi tambahan bagi ibu hamil. Sayur bayam mengandung asam folat sehingga baik dikonsumsi terutama ibu yang hamil muda.

Asam folat berfungsi untuk mencegah cacat lahir pada bayi seperti spina bifida dan anensepali. Disamping itu, manfaat lainnya dari asam folat adalah mencegah terjadinya preeklampsia dan bayi lahir prematur.

2. Buah Alpukat

Buah alpukat sangat dianjurkan untuk ibu pada saat usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua. Banyak sekali kandungan nutrisi yang terkandung dalam buah alpukat terutama untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K, asam lemak baik, kalium, serat dan asam folat.

Asam lemak baik yang terkandung dalam buah alpukat sangat baik untuk perkembangan otak bayi, kulit janin, dan jaringan. Sedangkan kalium yang terdapat pada alpukat baik untuk mengurangi kram kaki pada ibu hamil.

3. Buah Pisang

Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan trimester pertama. Karena kandungan vitamin B6 ini mampu mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Disamping itu, pisang juga kaya akan kalium yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan cairan selama hamil.

4. Brokoli

Sayuran brokoli memiliki nilai gizi yang tinggi seperti asam folat, kalsium, karatenoid, dan zeaxanthin. Vitamin C yang terdapat pada brokoli dapat membantu penyerapan zat besi sehingga mampu mencegah Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) serta mengatasi sembelit.

Baca juga: Asuhan Keperawatan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah

5. Buah Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C, kalium dan vitamin A sehingga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tekanan darah bisa terbantu dengan adanya zat kalium yang terdapat pada buah mangga. Vitamin A yang terdapat pada buah mangga berfungsi sebagai antioksidan, kesehatan mata serta mengandung tinggi serat.

6. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C, serat dan asam folat. Jeruk mengandung 90% air sehingga bisa mengatasi dehidrasi pada ibu hamil. Sedangkan asam folat yang terdapat pada jeruk membantu perkembangan tulang belakang dan otak pada janin. Sehingga mengurangi resiko bayi lahir cacat.

7. Daging Tanpa Lemak

Daging ikan, daging ayam, dan daging sapi merupakan sumber protein yang paling tinggi, disamping zat besi yang berfungsi untuk pembentukan sel darah merah.

Selama masa kehamilan terutama pada trimester ketiga, volume darah akan meningkat sehingga ibu akan membutuhkan zat besi agar terhindar dari anemia. Jika terjadi anemia pada ibu hamil akan beresiko bayi lahir dengan BBLR dan bayi prematur.

8. Telur

Telur sangat baik dikonsumsi ibu hamil karena banyak mengandung nutrisi seperti protein, vitamin, kalori dan mineral. Disamping itu telur mengandung kolin yang bermanfaat untuk perkembangan janin dan otak.

Telur yang dikonsumsi tentu saja telur yang sudah matang. Sebaiknya ibu jangan mengkonsumsi telur setengah matang karena sangat beresiko terdapat kuman yang belum mati.

9. Ikan Salmon

Vitamin hewani dan bergizi tinggi yang tidak boleh ketinggalan adalah ikan salmon. Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan salmon sangat baik untuk perkembangan mata janin dan perkembangan otak bayi.

Selain asam lemak omega-3, vitamin D juga terkandung dalam ikan salmon. Mengkonsumi ikan salmon dianjurkan tidak berlebihan apalagi dalam keadaan mentah seperti sashimi dan sushi.

10. Air Putih

Selama kehamilan wajib memperbanyak konsumsi air putih karena ada peningkatan 45% volume darah dibanding wanita yang tidak hamil. Minimal 2 sampai 3 liter air per hari agar kebutuhan cairan ibu terpenuhi setiap harinya.

Kekurangan cairan akan mengakibatkan dehidrasi dan keseimbangan cairan dalam tubuh akan terganggu. Minum air putih yang cukup akan mencegah ibu hamil mengalami infeksi saliran kemih dan sembelit.

Penting sekali menjaga kesehatan ibu dan janin selama proses kehamilan agar bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat, begitu juga dengan ibu juga dalam keadaan baik dan cepat dalam proses penyembuhan pasca melahirkan.

Baca juga: Cara Merawat Pasca Operasi Caesar

Jangan lupa untuk terus konsultasi dengan dokter minimal 1 kali dalam sebulan agar kesehatan ibu dan bayi bisa terpantul dengan baik.

Post a Comment for "Makanan Untuk Ibu Hamil Beserta Manfaatnya"