Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Manfaat Ikan Makarel Untuk Kesehatan Anak Dan Ibu Hamil

Manfaat Ikan Makarel Untuk Kesehatan Anak Dan Ibu Hamil

Bagi masyarakat yang tinggalnya dekat dengan laut atau sungai, tentu saja mudah untuk mendapatkan sumber makanan hewani berupa ikan. Selain rasanya yang enak dan khas, ikan sangat banyak kandungan nutrisinya dan baik untuk kesehatan tubuh.

Sering mengkonsumsi ikan setiap hari sangat baik untuk kesehatan otak. Ikan kaya akan protein dan asam lemak omega 3. Kandungan lemak yang terdapat pada ikan bermanfaat untuk diet. Ikan juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi ikan merupakan pilihan yang tepat karena bermanfaat untuk ibu hamil dan juga untuk perkembangan janin. Para ahli kesehatan juga sangat menyarankan untuk rutin mengkonsumsi ikan setiap hari.

Ikan yang dikonsumsi baik itu berupa ikan kaleng maupun ikan segar, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ikan laut biasanya akan dikalengkan pada saat penangkapan di laut karena sifat ikan yang cepat membusuk dan untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan untuk di eksport.

Banyak orang yang belum bisa membedakan antara sarden dengan makarel. Keduanya sama-sama merupakan makanan kaleng, namun memiliki perbedaan. Perbedaan yang utama adalah keduanya berasal dari spesies famili yang berbeda. Dilihat dari ukurannya juga berbeda, ikan sarden lebih kecil jika dibandingkan dengan ikan makarel.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, kedua ikan ini sama-sama bernilai gizi yang tinggi. Khusus pada artikel ini kita akan lebih membahas ikan makarel dan manfaat apa saja yang didapat dari ikan makarel untuk kesehatan anak dan ibu hamil.

Untuk harga ikan makarel relatif murah apalagi bagi anda yang tinggal dekat dengan laut, tentu saja selain harganya yang murah, mendapatkannya juga mudah. Sedapat mungkin carilah ikan makarel segar, dan kalaupun diawetkan jangan terlalu lama sehingga mengurangi nilai gizi yang terdapat pada ikan makarel.

Ikan makarel kaya akan Omega 3, vitamin, dan protein sebagai sumber nutrisi bagi pertumbuhan anak-anak. Berikut ini beberapa manfaat ikan makarel untuk kesehatan anak-anak dan ibu hamil, yaitu:

1. Kesehatan Otak Janin

Ikan yang mengandung omega-3 adalah ikan yang berminyak. Dengan adanya kandungan omega-3 pada ikan makarel, dapat membantu perkembangan otak janin bahkan juga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Sehingga ikan makarel ini bisa menjadi makanan untuk ibu hamil yang sangat dianjurkan.

Kandungan DHA yang terdapat pada ikan makarel berperan dalam mengurangi terjadinya resiko autisme dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya lainnya.

2. Ikan Makarel Untuk Kesehatan Jantung

Anak-anak yang mengkonsumsi ikan makarel secara rutin bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung. Hal ini disebabkan ikan makarel mengandung protein dan omega-3. Resiko terjadinya penyumbatan pada jantung akan berkurang.

Penyakit jantung juga berhubungan dengan kadar kolesterol yang tinggi. Pembuluh darah akan menyempit akibat dari penumpukan lemak, dan itulah yang disebut dengan kolesterol. Akibat dari penumpukan lemak dalam tubuh akan memicu penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan serangan jantung.

3. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Untuk memperkuat tulang dan gigi diperlukan kalsium, magnesium, selenium, dan potasium. Semua kandungan zat tersebut terdapat pada ikan makarel, sehingga tidak salah lagi bahwa mengkonsumsi ikan makarel sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi pada anak-anak.

Selain itu, ikan makarel juga mengandung vitamin D untuk kesehatan tulang. Vitamin D juga terdapat pada jenis ikan lainnya seperti ikan salmon, dan ikan mas. Penuhi kebutuhan vitamin anak-anak dengan menambahkan ikan makarel pada menu makanan anda.

4. Meningkatkan Imunitas

Ikan makarel juga dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh pada anak-anak. Dengan meningkatnya imunitas tubuh pada anak- anak, makan virus dan bakteri tidak mudah menyerang. Disamping itu, ikan ini juga dapat merangsang terbentuknya antibodi pada tubuh. Dengan adanya antibodi tersebut akan membantu proses penyembuhan luka dengan cepat.

5. Memperlancar Sirkulasi Darah

Organ-organ di dalam tubuh harus berfungsi dengan baik dan lancar. Salah satu manfaat dari mengkonsumsi ikan makarel adalah untuk memperlancar peredaran darah dalam organ tubuh. Anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan akan terus berkembang, tentu saja kita harus memperhatikan peredaran darahnya tetap lancar.

Sama halnya dengan ikan bandeng, ikan makarel juga dapat mengontrol tekanan darah. Resiko penyakit jantung terjadi akibat jantung bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang disebabkan oleh tingginya tekanan darah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa terjadi penurunan tingkat tekanan darah pada pria yang mengkonsumsi 3 kaleng ikan makarel selama 8 bulan. Untuk memperlancar sirkulasi darah dan hasil yang maksimal, akan lebih baik lagi jika dikombinasikan dengan ikan yang mengandung serat, kalium, dan magnesium.

Post a Comment for "5 Manfaat Ikan Makarel Untuk Kesehatan Anak Dan Ibu Hamil"