Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab SIDS Pada Bayi Dan Pencegahannya

Penyebab SIDS Pada Bayi Dan Pencegahannya

SIDS adalah kematian mendadak pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun dan terjadi 1 diantara 100.000 bayi. SIDS (sudden infant death syndrome) terjadi pada bayi tanpa ada gejala dan pada umumnya kematian pada bayi pada saat sedang tidur. SIDS juga biasa disebut dengan kematian ranjang bayi.

Penyebab SIDS hanya dugaan sementara saja, karena sampai saat ini tidak ada penyebab pastinya. Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab kematian mendadak pada bayi, yaitu gangguan otak pada bayi, infeksi paru-paru, Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), dan adanya kelainan gen.

Baca juga: Perawatan Bayi Berat Badan Lahir Rendah

Selain faktor yang sudah disebutkan di atas, faktor lainnya yang juga merupakan penyebab SIDS yang paling sering terjadi yaitu kondisi tidur bayi. Resiko SIDS ini terjadi apabila:

  1. Suhu ruangan. Suhu yang terlalu panas pada ruangan bayi merupakan faktor yang menyebabkan risiko SIDS.
  2. Bayi tidur telungkup atau tidur menyamping. Posisi bayi dengan tidur telungkup sangat beresiko terjadinya SIDS karena bayi akan kesulitan bernafas
  3. Berbagi tempat tidur dengan orang lain. Sebaiknya menghindari 1 tempat tidur dengan bayi, karena kita tidak tahu apa yang terjadi ketika kita sedang tidur disamping bayi, bisa terhimpit dan menyulitkan pernafasannya

Faktor SIDS ini bisa juga dipengaruhi oleh ibu selama kehamilan seperti:

  • Ibu merokok pada saat hamil
  • Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  • Hamil muda pada usia di bawah 20 tahun
  • Jarang melakukan kontrol ke dokter atau ke rumah sakit selama masa kehamilan

Faktor penyebab SIDS atau sudden infant death syndrome lainnya yang perlu ibu ketahui disamping faktor yang sudah dijelaskan diatas, yaitu:

  1. Bayi yang lahir prematur
  2. Sebelumnya ibu pernah melahirkan bayi dengan kondisi bayi mengalami SIDS
  3. Sering terpapar asap, terutama asap rokok

Sudden infant death syndrome atau SIDS pada umumnya banyak terjadi pada bayi laki-laki dengan umur 2-4 bulan meskipun dari penelitian tidak ada hubungan antara SIDS dengan gender

SIDS tidak hanya terjadi pada saat kondisi bayi sedang tidur, tapi dalam keadaan sadar SIDS juga bisa terjadi pada bayi.

Baca juga: Cara Menidurkan Bayi Agar Tidur Nyenyak

Cara mencegah SIDS (Sudden infant death syndrome) / kematian mendadak pada bayi:

Meskipun belum ada metode yang ditemukan sampai artikel ini dibuat untuk mencegah terjadinya SIDS, tapi ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan guna mencegah resiko kematian mendadak pada bayi, yaitu:

  1. Tempat tidur bayi. Penting untuk mengatur dan menjaga tempat tidur bayi. Jangan gunakan tempat tidur yang empuk dan tebal, serta mainan yang bisa membahayakan.
  2. Konsisten memberikan ASI eksklusif pada bayi selama 6 bulan
  3. Suhu tubuh bayi perlu dijaga agar tetap hangat. Ibu bisa memakaikan pakaian yang bisa menghangatkan tubuhnya tanpa menggunakan selimut. Sebaiknya jangan menutupi kepala bayi dengan kain apapun.
  4. Jangan lupa untuk memberikan imunisasi pada bayi yang sudah dijadwalkan
  5. Bayi ditidurkan dengan posisi telentang minimal hingga 1 tahun pertama.

Alangkah baiknya jika ibu selalu berkonsultasi dengan dokter terkait dengan adanya gejala Sudden infant death syndrome atau SIDS. Jika bayi sering rewel tanpa ada alasan yang jelas maka ibu perlu mencari tahu penyebabnya. Lakukan pencegahan sedini mungkin untuk menghindari terjadinya SIDS pada bayi.

Banyak hal yang perlu kita ketahui terkait dengan kesehatan bayi dan ibu. Terus update pengetahuan agar kita sebagai orang tua selalu siaga jika terjadi sesuatu yang membahayakan keselamatan bayi. Kenali apa yang menjadi faktor penyebab sehingga kita bisa meminimalisir resiko yang akan terjadi.

Post a Comment for "Penyebab SIDS Pada Bayi Dan Pencegahannya"