Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Manfaat Kangkung Untuk Wanita Hamil

Manfaat Kangkung Untuk Wanita Hamil

Selama hamil, ibu memang harus menjaga pola makan dan jenis makanan yang akan dikonsumsi. Karena apa yang ibu makan akan mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin yang ada dalam rahim. Jika ibu mengkonsumsi makanan yang sehat tentu saja janin akan berkembang dengan sehat. 

Banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilannya. Berbagai sumber nutrisi bisa didapatkan dari makanan yang bergizi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, sumber karbohidrat dan protein lainnya. Salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan dibutuhkan oleh ibu hamil adalah kangkung.

Baca juga: Makanan Ibu Hamil Biar Banyak ASI

Kangkung adalah sayuran berdaun hijau yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi sayur kangkung seperti melindungi tubuh dari resiko terkena diabetes tipe 2, kesehatan pencernaan dan kanker.

Kandungan Nutrisi Pada Kangkung

Kangkung kaya akan nutrisi seperti vitamin C, vitamin K, serat, antioksidan, zat besi, kalsium dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Racun yang masuk ke dalam tubuh manusia baik itu dari makanan, polusi udara dan lain sebagainya, jika menumpuk dapat mengakibatkan penyakit kanker. Inilah salah satu manfaat dari mengkonsumsi sayur kangkung, yaitu dapat menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Manfaat umum lainnya yang didapat dari kangkung adalah sebagai makanan pra-kelahiran yang paling baik.

Baca juga: Resiko Tidak Pernah Periksa Kehamilan

Kangkung Untuk Ibu Hamil

Kangkung merupakan makanan sehat untuk ibu hamil. Pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja manfaat kangkung untuk kesehatan ibu hamil.

1. Menyehatkan Pencernaan

Kangkung kaya dengan serat dan mudah diserap oleh tubuh sehingga menghindari ibu hamil dari gangguan pencernaan yang mengakibatkan susah BAB atau sembelit. Caranya, ibu bisa mengolah kangkung menjadi rebusan kuah kangkung

2. Menjaga Kesehatan Mata

Banyak orang yang merasa ada masalah dengan penglihatannya akibat dari kekurangan vitamin A. Sehingga mencari cara cepat dengan mengkonsumsi pil atau suplemen yang mengandung vitamin A.

Padahal sumber vitamin yang paling baik adalah yang berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran tanpa melalui proses kimia. Jadi pilihan yang tepat adalah yang alami tanpa bahan pengawet.

Kangkung juga mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata dan gigi serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk ibu, dan kesehatan bayi yang ada dalam kandungan.

Baca juga: Apakah Bayi Boleh Minum Vitamin

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalsium bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi, disamping itu, kalsium juga memperlancar peredaran darah dan juga sistem kekebalan tubuh. Kalsium juga membantu dalam proses pembentukan tulang pada janin.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Trigliserida yang terdapat pada kangkung dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.

5. Menambah Energi dan Vitalitas

Selama masa kehamilan, ibu lebih sering mengalami kelelahan dan letih, apalagi pada trimester pertama kehamilan. Vitamin C  dan zat besi yang terdapat pada kangkung mampu memberikan tambahan energi untuk ibu hamil serta menghindari ibu menderita batuk pilek selama masa kehamilan.

6. Mengandung Antioksidan

Kangkung mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penuaan dini dan resiko kanker.

7. Memperkuat Pembuluh Darah

Kandungan vitamin K yang terdapat dalam kangkung lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Vitamin K ini berfungsi untuk menjaga pembuluh darah tetap padat selama masa kehamilan.

Kangkung bisa diolah menjadi makanan yang nikmat dan menyehatkan. Bukan saja ditumis, tapi bisa dibuat sup, atau bisa dibuat keripik. Hadirkan menu olahan kangkung ini di rumah dan menjadi santapan sehari-hari terutama untuk ibu hamil. Itulah beberapa manfaat dari kangkung yang bisa ibu coba, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "7 Manfaat Kangkung Untuk Wanita Hamil"