Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Usia Kehamilan dan Ukuran Bayi Prematur

Usia Kehamilan dan Ukuran Bayi Prematur

Pada artikel ini admin akan membahas secara singkat mengenai bayi yang lahir secara prematur, meskipun pada artikel sebelumnya admin juga sudah pernah membahas tentang bayi prematur. Topik ini menjadi perhatian para orang tua dan seharusnya para orang tua sudah memahami apa saja yang menjadi penyebab bayi lahir prematur dan bagaimana cara mengantisipasinya.

Tidak sedikit bayi yang lahir secara prematur berakhir dengan tidak selamat sehingga tinggat keberhasilannya kecil. Meskipun bayi sudah terlanjur lahir secara prematur bukan berarti tidak ada harapan untuk hidup bagi si bayi.
Dengan berkembangnya teknologi sekarang ini dan dengan kemajuan dunia kedokteran, maka diharapkan harapan hidup bayi yang lahir prematur bisa tumbuh dan berkembang dengan baik seperti bayi pada umumnya.

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum 37 minggu. Bayi yang lahir sebelum 37 minggu umumnya lebih kecil dibandingkan bayi yang lahir normal atau selamat. Kemungkinan bayi ini harus memiliki akses terhadap informasi medis dan kesehatan, karena mereka akan mengalami penurunan fungsi otak serta kematian yang lebih cepat jika tidak berintervensi.

Kelainan Kaki Pada Bayi Prematur

Kaki bayi prematur memiliki bentuk yang kecil dan kecil. Hal ini bisa dilihat pada kaki yang terendam di dalam air, menyebabkan kaki tersebut seperti berbunga, dengan bentuk yang sangat berbeda dari anak lainnya. Kelainan ini juga dapat berarti bahwa kaki bayi prematur tidak cukup besar untuk menopang tubuhnya sehingga sering terjadi penurunan, meskipun tidak pernah menyebabkan cedera pada anggota badan lainnya.

Apa Saja Masalah Kesehatan Bayi Prematur?

Bayi prematur dapat mengalami berbagai masalah kesehatan. Di antaranya:

  • Kejang, yaitu pergerakan otot yang tiba-tiba dan tidak terkontrol
  • Kebiasaan menangis, yaitu suara tangisan bayi tidak terkontrol atau tidak selesai2 ketika menangis sehingga membuat orang lain merasakan sesak napas dan panik.

Bayi prematur memerlukan perawatan khusus.

Bayi prematur memerlukan perawatan khusus. Perawatan khusus yang diberikan kepada bayi prematur bertujuan untuk meningkatkan jumlah berat badannya dan mengurangi risiko infeksi dan kematian.

Perawatan yang dilakukan tergantung pada kondisi bayi saat lahir, termasuk berat badannya, status fisiknya (kekuatan tubuh), usia ibu hamil (di antaranya adanya diabetes, hipertensi), dan sebagainya.

Bayi prematur biasanya diperlakukan di ruang kesehatan intensif neonatal dan mereka mendapat tambahan nutrisi melalui infus intravena dengan vitamin B complex dan calcium; vitamin C; zat besi atau FeSO 4 ; multivitamin dan mineral; antibiotika; bronkoskopi untuk mengevaluasi aspirasi thrombus (gumpalan darah) kemudian dibersihkan dengan suction catheter; setidaknya 2 x rutin setelah 1 hari lahir untuk melihat apakah ada aspirasi thrombus.

Itulah penjelasan singkat tetnang bayi prematur dan bagaimana bentuk fisik serta perawatan khusus yang perlu diberikan secepat mungkin. Bayi prematur tetap harus diberikan perawatan khusus karena kondisi fisik yang berdeda dari bayi pada umumnya dan harus lebih sering dilalakukan pemeriksaan ke dokter.

Hal ini mengantisipasi terjadinya penurunan kondisi kesehatan bayi secara signifikan dan perkembangannya menjadi tidak terkontrol. Dengan rutin membawanya ke doter maka kesehatan dan perkembangannya akan terpantau dengan baik.

Bayi yang lahir dalam kondisi prematur memang tidak bisa diprediski sebelumnya, oleh sebab itu pentingnya penangan sebelum melahirkan, termasuk di dalamnya ibu harus rutin memeriksakan hemamilannya ke dokter secara berkala.

Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetaui bagaimana perkembangan bayi dalam rahim serta menjaga kesehatan ibu agar tetap sehat selama menjalani proses kehamilan selama lebih kurang 9 bulan. Dengan disiplin melakukan kontrol ke dokter maka kelahiran bayi prematur diharapkan bisa dicegah sedini mungkin.

Post a Comment for "Usia Kehamilan dan Ukuran Bayi Prematur"