Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyakit Kulit Eksim dan Pengobatannya

Penyakit Kulit Eksim dan Pengobatannya

Penyakit Kulit Eksim dan Pengobatannya. Penyakit kulit eksim disebabkan oleh infeksi yang disebabkan oleh jamur yang menyerang kulit. Jamur pada bagian kulit akan menimbulkan efek panas disertai rasa gatal yang teramat sangat dan bila sudah semakin parah.

Kulit akan memerah, meradang dan rasa gatal pada kulit yang terinfeksi oleh jamur akan semakin menjadi-jadi. Selain bersumber dari infeksi jamur, penyakit eksim juga timbul akibat alergi yang telah lama diderita seseorang.

Misalnya alergi terhadap bahan-bahan kimia pada kosmetik, perhiasan, sabun deterjen, sabun mandi atau apapun yang mengandung zat kimia.

Atau makan makanan seperti ikan, udang, cumi-cumi, kepiting juga akan menimbulkan alergi yang nantinya berkelanjutan pada kesehatan dan menjadi penyakit kulit.

Berdasarkan hasil riset lab ternyata kulit merupakan media yang sempurna sebagai tempat hidup dan berkembang biaknya berbagai jenis bakteri maupun jamur.

Sehingga bukan merupakan hal yang mengagetkan lagi apabila kulit akan sangat rentan terjangkit penyakit. Untuk itu, salah satu pencegahan yang paling mudah ialah mandi secara teratur dengan menggunakan sabun mandi yang bersifat anti bacterial.

Dan khusus untuk penyakit kulit eksim, karena bisa disebabkan oleh alergi tubuh terhadap sesuatu, maka tindakan pencegahannya yaitu hindari bahan atau makanan yang berpotensi menimbulkan gejala alergi. Sebelum itu baca dulu cara memutihkan kulit secara alami.

Penanganan Pertama Pada Penyakit Kulit Eksim

Namun apabila sudah terlambat untuk melakukan pencegahan, maka penanganan pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengoleskan minyak kelapa pada area yang terinfeksi.

Minyak kelapa mengandung senyawa atau zat yang mampu meredakan rasa panas, meringankan rasa gatal dan luka yang meradang akan cepat mengering.

Penanganan pertama lainnya pada penderita penyakit kulit eksim ialah dengan memberikan air rebusan daun sirih sejumlah 3 helai yang diberikan dua kali dalam sehari.

Daun sirih memang mengandung zat anti biotik alami yang ampuh membunuh kuman, bakteri dan jamur.

Dan untuk mempercepat masa penyembuhan, bagi penderita penyakit eksim diwajibkan untuk lebih sering mengkonsumsi sayuran.

Dengan begitu akan meningkatkan produksi zat anti radang pada tubuh atau zat essential fatty acids pada para penderita penyakit kulit eksim.

Post a Comment for "Penyakit Kulit Eksim dan Pengobatannya"