Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menyapih Dengan Cinta

Menyapih Dengan Cinta

Menyapih Dengan Cinta. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa ASI adalah nutrisi yang terbaik buat si buah hati. Pemberian ASI yang eksklusif bisa berdampak positif bagi perkembangan anak. Namun akan ada saatnya dimana ibu harus menyapih anaknya.

Ada yang melewati proses penyapihan ini dengan lancar-lancar saja namun ada juga yang mengalami kesulitan. Apabila ibu mengalami kesulitan dalam menyapih anak, coba beberapa langkah di bawah ini.

Niat ibu untuk menyapih

Seorang ibu biasanya tidak tega ketika si anak nangis minta minum ASI saat program penyapihan. Hal ini memang tidak mudah bagi seorang ibu, namun anak harus tetap disapih.

Jadi ibu harus benar-benar memantapkan hati untuk menyapih walaupun anak menangis. Coba hibur anak dengan bermain atau melihat sesuatu yang menarik agar anak melupakan keinginannya untuk minum ASI.

Kurangi jadwal pemberian ASI

Menyapih anak tidak bisa dengan tiba-tiba karena semua perlu proses agar tidak berdampak negatif bagi psikis anak. Hal ini bisa dengan cara mengurangi jadwal pemberian ASI dan sebagai gantinya berikan makanan yang padat sebagai pengganti ASI sesuai jadwal pemberian ASI sehingga anak tidak merasa lapar dan tidak meminta ASI. Lakukan hal ini dengan sabar dan penuh cinta.

Berikan pengertian pada anak

Ketika anak rewel minta minum ASI, coba berikan pengertian dengan sabar bahwa sudah saatnya anak harus disapih. Lakukan sesuatu agar anak tahu bahwa ibu tetap menyayanginya walaupun tidak dengan minum ASI.

Ibu bisa memeluk dan mendekapnya saat dia minta ASI. Tujukkan bahwa ibu sayang padanya. Hal ini penting agar kedekatan hati antara anak dan ibu tetap terjaga.

Libatkan peran serta anggota keluarga yang lain.

Dalam hal ini yang sangat berperan adalah ayah. Ayah harus mendukung program ini. Ayah bisa ikut mengibur anak ketika anak merengek minta ASI. Ayah bisa mengajak anak untuk bermain atau melakukan aktivitas lain agar perhatiannya teralih.

Yang harus menjadi catatan bagi ibu adalah, lakukan program penyapihan ini dengan cinta agar anak juga bisa merasakan cinta ibu padanya, bukan karena dipaksa.

Post a Comment for "Menyapih Dengan Cinta"