Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Sehat Untuk Bayi Usia Enam Bulan

Makanan Sehat Untuk Bayi Usia Enam Bulan

Makanan sehat untuk bayi usia enam bulan memang merupakan hal penting yang mesti diperhatikan. ASI memanglah makanan utama bagi bayi selama beberapa bulan dan pemberian ASI intensif tentu sangat disarankan.

Akan tetapi pada saat bayi anda telah memasuki usia 6 bulan maka memang sepantasnya apabila anda memberikan menu tambahan yang disesuaikan dengan usia dan kondisi bayi.

Mengingat usia ini memang sangat memerlukan perhatian khusus karena menyangkut perkembangan dan pertumbuhan bayi, maka proses pemberian asupan makanan harus memperhatikan komposisi nilai gizinya seperti mineral, protein, vitamin dan kandungan lain yang dapat menunjang pertumbuhannya seperti kesehatan, kecerdasan dan kekebalan tubuhnya.

Makanan-makanan berikut ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menerapkan gaya hidup sehat pada bayi Anda.

Jika Anda sedang mengandung dan membaca artikel ini sebagai persiapan pada saat buah hati lahir, ada beberapa tips yang dapat diterapkan seperti, cara menghitung usia kehamilan.

Pemberian makanan sehat untuk bayi memang yang paling tepat apabila usia sang bayi telah masuk usia 6 bulan karena sistem pencernaannya telah mulai mampu untuk mencerna makana- makanan bergizi diluar ASI.

Makanan pendamping bayi yang biasanya mulai dikenalkan adalah sereal, akan tetapi lebih baik bila kita mengimbanginya dengan makanan alami buah-buahan seperti alpukat, pisang ,pepaya, lalu sayuran seperti wortel, tomat atau kacang-kacangan seperti kacang hijau.

Perlu juga memberikan makanan yang berprotein seperti daging dan ikan dan produk-produk olahan dari susu seperti keju yang teksturnya lembut.

Contoh dan Cara Mengolahan Makanan Sehat Untuk Bayi Usia Enam Bulan

  • Nasi Tim - Rebus air beserta beras, tahu dan daging yang sudah digiling. Aduk dan masukan sayuran wortel dan tomat, aduk lagi dan masak sampai sayuran matang lalu angkat.
  • Bubur Kacang Hijau - Campurkan kacang hijau dengan air rebusan sayur wortel, aduk hingga rata sampai mendidih. campur dengan susu formula 1 masukkan sedikit demi sedikit dan diaduk rata lalu angkat
  • Bubur Daging - Campurkan beras, daging sapi atau daging ayam cincang, seledri, wortel yang sudah dipotong kecil-kecil, lalu aduk hingga rata sampai halus dan mendidih lalu angkat.

Demikianlah beberapa contoh makanan sehat untuk bayi yang bisa dipilih untuk anda sebagai pendamping ASI agar kebutuhan nutrisi bergizi bagi sang bayi dapat terpenuhi dengan baik.

Post a Comment for "Makanan Sehat Untuk Bayi Usia Enam Bulan"