Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Gejala Penyakit Ginjal - Cara Mendeteksi dan Ciri Ciri Penderita

Gejala Penyakit Ginjal - Cara Mendeteksi dan Ciri Ciri Penderita

Gejala Penyakit Ginjal - Cara Mendeteksi dan Ciri Ciri Penderita. Gejala penyakit ginjal dapat dideteksi dan kita mesti mengetahui secara persis akar penyebab terjadinya kerusakan pada ginjal. Tubuh memiliki sistem organ yang berfungsi untuk membuang sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh.

Salah satu sistem tersebut adalah saluran kemih yang di dalamnya ada ginjal yang punya fungsi khusus sebagai penyaring kotoran yang ada dalam darah.

Ginjal biasanya akan membuang kotoran tersebut dalam bentuk urine. Jadi jika ingin mengetahui apakah ginjal anda baik atau tidak, kita bisa melakukan pengecekan terhadap urine.

Sebelum kita mengetahui gejala gagal ginjal ada baiknya kita tahu dulu seperti apa fungsi-fungsi bagian tubuh itu sendiri.

Ginjal punya fungsi utama sebagai pengatur tingkat asam dan basa pada darah, mengatur produksi sel darah merah, mengatur tekanan darah dan yang utama adalah sebagai penyaring atau filter dan sekresi cairan.

Ahli bagian tubuh yang satu ini mengungkapkan bahwa tes urine merupakan tes yang cukup sederhana dan punya tingkat keakuratan yang tinggi. Namun hal tersebut harus dilakukan pada laboratorium dengan peralatan spesifik agar mendapatkan hasil yang tepat.

Ginjal yang mengalami kerusakan biasanya mengeluarkan urine dalam jumlah yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang dengan ginjal yang normal.

Tapi itu tidak berlaku umum, karena banyak orang yang ginjalnya rusak tetap kencing dengan jumlah yang normal. Gejala penyakit ginjal juga sulit dideteksi melalui pengamatan urine biasa seperti mendeteksi bau, warna, dan jumlah terkecuali tampak ada darah dalam urine.

Orang dengan ginjal yang tidak normal biasanya mengeluarkan urine yang berwarna merah atau kecoklatan mirip minuman cola. Hal tersebut terjadi karena ada darah yang ikut keluar atau ada infeksi dan kebocoran protein dalam tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat tentang gejala gagal ginjal, urine mesti diuji di laboratorium. Dengan berbagai peralatan khusus, urine akan diperiksa apakah mengandung leukosit dan eritrosit, komponen pembangun darah.

Uji urine juga akan meneliti apakah masih ada kandungan kreatinin dan kotoran yang seharusnya sudah dihilangkan oleh ginjal yang masih normal.

Ciri-ciri Penderita Gejala Penyakit Ginjal

Selain uji urine, gejala sakit ginjal juga bisa diketahui dengan melihat beberapa kondisi yang terjadi pada tubuh kita, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Cepat capek
  • Anemia atau kurang darah
  • Mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi
  • Darah lebih asam
  • Kadar Hemoglobin dalam darah sangat rendah
  • Tidak nafsu makan, sulit tidur, kram dan kesemutan
  • Pembengkakan pada kaki dan wajah berupa cairan yang menumpuk
  • Mulut kering, lendir berkurang, mata cekung karena tidak ada cairan

Gejala penyakit ginjal yang rusak biasanya terjadi ketika ada penyakit kronis yang sebelumnya tejadi pada tubuh seseorang.

Penyakit seperti darah tinggi, diabetes, batu ginjal dan berbagai macam infeksi akan mengakibatkan menurunnya performa ginjal yang berakhir pada kerusakan total.

Untuk menghindari rusaknya ginjal, kita mesti memperhatikan pola hidup dan pola makan kita. Hindari jenis makanan dan terutama minuman yang membuat ginjal bekerja berat.

Minuman bersoda dan minuman dengan pemanis buatan sangat buruk bagi kinerja ginjal. Walaupun semua produk tersebut memiliki rasa yang enak dan praktis untuk dikonsumsi, namun jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan gejala sakit ginjal.

Jika sudah terjangkit penyakit ini, ada beberapa cara herbal yang dapat di terapkan untuk terapi pengobatan, dan dapat Anda lihat di obat herbal gagal ginjal.

Olah raga dan diet terbukti mampu menurunkan resiko gagal ginjal. Berbekal gaya hidup yang sehat tersebut kita bisa menghindari berbagai penyakit kronis yang mengawali gejala penyakit ginjal yang bisa berakibat fatal nantinya.

Post a Comment for "Gejala Penyakit Ginjal - Cara Mendeteksi dan Ciri Ciri Penderita"