Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Diet Menurunkan Berat Badan

Diet Menurunkan Berat Badan

Diet Menurunkan Berat Badan. Ada satu persepsi yang kurang tepat pada kebanyakan orang yang melakukan program diet, khususnya bagi mereka yang awam. Kebanyakan orang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan, padahal diet tidak sebatas hanya untuk turun berat badan saja.

Untuk menaikkan berat badan ataupun menjaga kestabilan berat badan pun kita perlu melakukan diet. Karena arti sebenarnya dari diet adalah mengatur pola makan.

Karena lebih banyak yang bermasalah dengan berat badan, kita coba kupas sedikit program diet yang memiliki tujuan menurunkan berat badan. Agar lebih efektif dalam menjalankan program diet, ada yang perlu Anda ketahui tentang berat badan.

Diet Menurunkan Berat Badan

Berat tubuh kita merupakan gabungan dari beberapa komponen penyusun tubuh yang memiliki beratnya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah :

  • Tulang
  • Organ-organ dalam tubuh
  • Otot
  • Lemak
  • Air, dll

Visceral Fat

Ketika kita melakukan progam diet, yang paling utama harus diperhatikan sebenarnya adalah prosentase kadar lemak, khususnya Visceral Fat (lemak yang mengelilingi organ dalam). Turun berat badan, belum tentu berarti kadar lemak di dalam tubuh berkurang.

Misalnya pada saat orang berpuasa. Kecenderungannya adalah turun berat badan. Memang lemak mungkin sedikit berkurang. Tapi yang jauh lebih banyak berkurang adalah kadar air di dalam tubuh. Kita tahu bahwa unsur terbesar penyusun tubuh kita adalah air.

Maka dalam program diet yang sehat, hanya mengandalkan turun berat badan sebagai indikator tidaklah cukup. Selain kadar air dalam tubuh, turunnya berat badan juga bisa dikarenakan massa otot yang berkurang.

Padahal massa otot sebaiknya ditambah karena akan membantu membakar lemak. Untuk menambah massa otot Anda butuh banyak protein.

Indikator yang menunjukkan bahwa program diet sehat Anda berhasil seharusnya adalah :

  • Kadar lemak berkurang
  • Massa otot bertambah (minimal tetap)
  • Kadar air dalam tubuh bertambah (atau tetap di level normal)
  • Kepadatan tulang bertambah (bila kurang) ataupun tetap (bila sudah di level normal)

Itulah kenapa dalam program diet sehat kami, para pelanggan yang ikut dalam program dikontrol dalam dengan berbagai indikator antara lain : berat badan, % kadar lemak dalam tubuh, % kadar air dalam tubuh, massa otot dan rating fisik, level fisceral fat, tingkat kepadatan tulang, hingga usia sel.

Jadi, jangan lagi hanya berpatokan pada turunnya berat badan. Kalau penyebab turunnya berat badan Anda adalah karena kadar air dalam tubuh dan massa otot yang berkurang maka ini tentu saja TIDAK SEHAT.

Karena seharusnya program diet dengan goal menurunkan berat badan adalah MENURUNKAN KADAR LEMAK DI DALAM TUBUH.

Naik berat badan pun belum tentu jelek bila kenaikan tersebut dikarenakan massa otot dan kadar air dalam tubuh yang bertambah.

Ingat, tujuan utama diet adalah UNTUK KESEHATAN. Naik atau turun berat badan itu bisa diatur dengan mudah. Pastikan hasil yang Anda dapatkan tidak hanya sekedar turun berat badan tanpa diikuti indikator kesehatan lainnya yang semakin membaik.

Post a Comment for "Diet Menurunkan Berat Badan"