Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Diet Ketat Membahayakan Tubuh

Diet Ketat Membahayakan Tubuh

Diet Ketat Membahayakan Tubuh. Semua orang pasti menginginkan punya tubuh yang dan berat badan yang ideal. Tapi tidak semua orang tergerak untuk melakukan perubahan pola hidup agar menjadi lebih sehat dengan melakukan diet.

Namun, tidak sedikit juga kita dapati orang-orang yang terlalu bernafsu ingin mendapatkan hasil yang cepat dengan cara-cara yang salah.

Diet Ketat Membahayakan Tubuh

Apalagi bila kemudian menggunakan obat-obatan diet yang jelas-jelas membahayakan tubuh. Coba kenali jenis-jenis obat diet dan efek sampingnya.

Ada juga yang melakukan diet cepat tidak dengan menggunakan obat diet, namun mengurangi porsi makan atau waktu makan secara asal juga kurang bijak. Karena berat badan saja tidak cukup. Ada indikator kesehatan lain yang juga mesti Anda perhatikan.

Berikut beberapa bahaya yang akan Anda alami bila melakukan diet secara ekstrim :

Berat Badan Turun Sementara

Diet ketat yang Anda lakukan mungkin akan membuahkan hasil penurunan berat badan dalam waktu singkat. Namun, ketahuilah hasil yang itu hanya sementara.

Kecenderungannya adalah berat badan Anda akan naik, bahkan lebih dari sebelumnya. Apalagi bila Anda tidak memahami konsep diet yang benar dan penyebab kegagalan diet.

Mengapa bisa terjadi? Tidak lain karena metabolisme tubuh yang semakin kacau akibat diturunkan secara drastis. Ingat, ada kebutuhan kalori harian minimal yang harus dipenuhi.

Bila ingin turun berat badan memang benar asupan kalori harus lebih kecil, namun bukan berarti bebas Anda turunkan secara drastis.

Bila penurunannya drastis, tubuh akan masuk pada mode defense / bertahan hidup dengan mengasumsikan bahwa Anda sedang berada pada kondisi kelaparan dan tidak bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akibatnya, sedikit saja makanan yang masuk akan secara otomatis diubah menjadi lemak sebagai cadangan makanan.

Penuaan Dini

Penuaan dini pun bisa Anda alami juga. Tanda-tanda yang mungkin akan terlihat diantaranya kulit yang keriput, kulit kendur atau munculnya garis-garis halus. Anda juga mungkin akan merasa kekurangan stamina layaknya orang tua. Mudah lelah dan lemas.

Ini bisa terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang seimbang dan tepat, yang diperlukan setiap harinya sebagai akibat dari pengurangan makan yang Anda lakukan dengan ekstrim.

Bila Anda tidak ingin penuaan dini tidak terjadi, maka pastikan sel-sel tubuh Anda melakukan regerasinya dengan baik. Dan itu hanya bisa dilakukan bila Anda memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan secara tepat dan seimbang.

Berkurangnya Otot dan Jaringan

Diet yang terlalu ketat juga memungkinkan tubuh Anda untuk menyimpan lemak alih-alih membakarnya sebagai sumber tenaga. Sebagai gantinya, otot yang dibakar.

Bila terus menerus dilakukan, maka tubuh Anda akan kehilangan banyak otot dan jaringannya. Efek selanjutnya, stamina Anda akan berkurang drastis. Bahkan bukan tidak mungkin pula akan melemahkan jaringan tulang Anda.

Kurang Gizi

Salah satu alasan kenapa suplemen dan makanan sehat saat ini begitu berkembang adalah karena hanya dengan pola makan yang biasa kita konsumsi setiap harinya tubuh masih kekurangan Gizi / Nutrisi yang dibutuhkannya.

Itu mengapa banyak masyarakat modern yang sering mengalami gangguan kesehatan. Berawal dari nutrisi yang kurang, pada akhirnya akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan memicu timbulnya masalah kesehatan lainnya.

Nah, bila dengan pola makan yang biasa saja Anda masih kekurangan gizi atau nutrisi, apalagi bila diet ketat Anda lakukan. Maka semakin berkurang nutrisi yang seharusnya diserap oleh tubuh, yang sebelumnya memang sudah kurang. Sayangi tubuh Anda, berikan nutrisi yang lengkap dan seimbang.

Jadi, berhentilah untuk berpikir dan melakukan diet secara ketat demi kesehatan Anda sendiri.

Post a Comment for "Diet Ketat Membahayakan Tubuh"