Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian. Banyak orang berpikir bahwa untuk menurunkan berat badan mereka yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi porsi ataupun frekuensi makan sehari-hari. Bahkan tidak jarang pula yang melakukannya dengan drastis.

Tapi apa yang terjadi kemudian adalah ketika program diet mereka berhenti, berat badan akan kembali ke posisi semula bahkan melebihi berat semula, sebelum mereka memulai program diet. Itu namanya diet yang tidak sehat.

Teori bahwa untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi kebutuhan kalori harian kita tidak sepenuhnya salah. Namun, jumlah pengurangannya tidak boleh drastis.

Kecenderungannya adalah saat orang menurunkan asupan kalori hariannya, mereka mengabaikan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Turun mungkin iya, tapi sehat? Belum tentu. Itulah kenapa kita tidak boleh asal.

Ada yang mengatakan bahwa yang bagus untuk program penurunan berat badan secara sehat adalah dengan mengurangi 500-600 kebutuhan kalori harian kita.

Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Misalnya kebutuhan kalori harian Anda adalah 2300 kalori (dalam kondisi beristirahat ataupun beraktivitas), maka agar berat badan bisa turun asupan nutrisi Anda harus memenuhi kurang lebih 1800 kalori.

Pengurangan kebutuhan kalori sebanyak 500 kalori ini, bisa dilakukan dengan 2 cara :

  • Mengatur pola makan
  • Rutin berolahraga

Bisa salah satu atau keduanya sekaligus. Kalori yang akan Anda kurangi adalah 500 kalori. Maka dengan contoh kasus di atas (kebutuhan kalori harian 2300 kalori) adalah :

  • Mengatur pola makan sehingga total kalori yang dikonsumsi adalah 1800 kalori.
  • Mengatur pola makan dan berolahraga. Misalnya : berolahraga membakar 300 kalori dan mengatur pola makan hingga terjadi pengurangan 200 kalori (total kalori yang dikurangi 500 kalori)

Untuk bisa melakukan keduanya, terlebih dahulu Anda harus menghitung berapa kebutuhan kalori harian. Demi mempermudah Anda, saya sudah menyediakan toolnya di sidebar blog ini.

Jangan lupa untuk terlebih dahulu mengubah settingannya ke satuan metric agar angka inputnya dalam satuan kg untuk berat dan cm untuk tinggi.

Selain itu ukur Body Mass Index Anda, dan lihat Anda masuk dalam kategori yang mana. Saya juga pernah menuliskan soal Body Mass Index ini, alasan awal kenapa pada akhirnya saya memutuskan untuk melakukan Program Diet Mudah.

Kalau sudah ketemu berapa kebutuhan kalori harian Anda, silahkan diatur sedemikian rupa. Tidak diatur juga tidak apa-apa.

Tapi yang jelas, kalau asupan Anda selalu di atas kebutuhan kalori harian sudah pasti semakin hari Anda akan semakin gemuk.

Jadi jangan heran, walaupun sedikit, dari tahun ke tahun berat Anda bertambah. Pilihan ada di tangan Anda.

Post a Comment for "Cara Menghitung Kebutuhan Kalori Harian"