Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mengatasi Kutu Tanpa Menggunakan Obat Kutu Rambut

Cara Mengatasi Kutu Tanpa Menggunakan Obat Kutu Rambut

Cara Mengatasi Kutu Tanpa Menggunakan Obat Kutu Rambut. Obat kutu rambut sering diperlukan karena kutu dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala dan sangatlah mengganggu. Pada dasarnya kutu lebih menyukai rambut bersih dan kulit kepala yang sehat.

Jadi bagi kalian para pencinta kecantikan, tidak ada alasan untuk malu mengakui, karena anggapan bahwa orang berkutu adalah orang yang kotor dan jorok itu salah.

Sebelum kita mengetahui cara mengatasi kutu rambut sebaiknya kita tau dulu apa ada bagaimana mereka berkembang biak. Kutu rambut punya ukuran seperti butir beras, memiliki telur berukuran lebih kecil berwarna kecoklatan dan putih. Telur-telurnya biasa menempel di helaian rambut 2 cm dari kulit kepala kita.

Mereka tidak melompat atau terbang ke rambut kepala orang lain, namun menyebar lewat kontak fisik, misalnya tidur di tempat tidur yang sama.

Penyebaran juga terjadi jika orang yang punya kutu rambut memakai topi, sisir atau pakaian yang juga digunakan oleh orang lain yang tak berkutu. Bagi kalian yang ingin lebih mengetahui mengenai penataan rambut dapat mengunjungi cara menata rambut.

Cara mengatasinya, khususnya pencegahan, bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan terhadap minimal satu kali dalam seminggu.

Mungkin dianggap merepotkan, namun hal tersebut lebih baik untuk menangani masalah kutu rambut dari awal ketimbang ditangani saat mereka sudah bersemayam selama berbulan-bulan.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Tanpa Obat

Ahli medis merekomendasikan cara mengatasi kutu rambut khususnya pada anak, berikut langkah-langkahnya.

  • Isi baththubs atau westafel dengan air hangat, kemudian tempatkan anak di situ lalu bagi rambut ke dalam beberapa bagian kemudian sisir dengan teliti.
  • Gunakan sisir dengan gigi yang memiliki celah kecil untuk menyisir.
  • Gunakan semprotkan air pada bagian rambut lalu tarik sisir dari pangkal hingga ujung rambut.
  • Bersihkan sisir dengan menggunakan air hangat lalu keringkan dengan handuk.
  • Lakukan lagi proses tersebut hingga semua rambut selesai diinspeksi

Walaupun kutu menghisap darah dari kulit kepala, tapi ia tidak menularkan penyakit. Ketika mereka menyerang, kepala akan terasa sangat gatal hingga ke bagian tengkuk dan belakang telinga.

Pada kondisi lain aktivitas kutu rambut juga mengakibatkan benjolan pada area leher. Anda bisa mengetahui apakah rambut anda ada kutunya atau tidak dengan merasakan apakah ada gerakan di sekitar kulit kepala anda atau tidak.

Anda mesti memberikan obat kutu rambut untuk penanganan yang efektif. Ingatlah untuk membeli obat yang teruji kualitasnya dan sesuai dengan kondisi tubuh anda untuk meminimalisir efek sampingnya.

Pemberian shampo dengan kadar keras serta mandi air panas terbukti tidak mampu menyingkirkan kutu rambut. Jika anda menemukan kutu atau telurnya, lakukan inspeksi ke semua penghuni rumah.

Cuci bersih semua barang yang bersentuhan dengan kepala, misalnya seprei, sarung bantal dan handuk dengan air panas.

Untuk benda-benda yang tidak bisa terkena air, simpan di dalam kantong plastik bersegel sekurang-kurangnya 3 hari.

Mengatasi Kutu Menggunakan Obat Kutu Rambut Alami

Bagi kalian yang ingin mencoba jalur obat, sebaiknya mencoba untuk menggunakan pengobatan alami saja. Untuk obat kutu rambut alami, anda bisa menggunakan minyak pohon teh untuk membantu menyingkirkan kutu rambut.

Mangga dan rosemary juga diketahui sangat ampuh untuk mengusir mereka dari kepala. Penggunaan produk-produk dengan aroma bahan-bahan di atas juga bisa mencegah agar mereka tidak datang lagi.

Namun bukan cuma kutu yang mesti dibasmi, telurnya juga harus disingkirkan agar kepala tetap bersih. Setelah pembersihan, rambut masih rentan terkena serangan kutu hingga 6 minggu lamanya.

Jadi disarankan untuk terus memakai obat kutu rambut setiap minggunya dan melakukan pemeriksaan minimal seminggu sekali.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kutu Tanpa Menggunakan Obat Kutu Rambut"