Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Zat Besi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Zat Besi Untuk Tumbuh Kembang Anak

Zat Besi Untuk Tumbuh Kembang Anak. Seorang anak membutuhkan nutrisi yang mencukupi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Sebagai seorang ibu, anda harus benar-benar memperhatikan kebutuhan anak akan gizi yang cukup.

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi atau anda bisa juga membaca buku tentang gizi sehingga anda tahu dengan pasti bahwa anak anda tercukupi kebutuhan gizinya sehingga tumbuh kembangnya bisa berjalan dengan baik.

Ada banyak unsur nutrisi yang diperlukan oleh tubuh, salah satunya adalah zat besi. Zat besi sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Jangan sampai anak anda mengalami kekurangan zat besi dan menderita anemia. Perhatikan hal ini sedini mungkin, jangan menunggu sampai anak mengalami anemia.

Anda bisa mencari informasi tentang ciri-ciri anak yang mulai kekurangan zat besi agar semua tidak terlambat.

Kekurangan zat besi tidak hanya terjadi pada kalangan ekonomi bawah, namun kadangkala pada kalangan atas juga. Kekurangan zat besi pada kalangan bawah biasanya terjadi karena faktor ekonomi yang pas-pasan sehingga tidak ada dana khusus untuk pemenuhan gizi pada anak.

Sedangkan pada kalangan atas kekurangan zat besi ini bukan karena orang tua tidak mampu memberi makanan yang mengandung zat besi pada anak, namun karena kurangnya perhatian orang tua terhadap kebutuhan nutrisi anak.

Orang tua yang terlalu sibuk sehingga lupa bahwa anaknya juga butuh nutrisi yang cukup, bukan hanya makanan mewah yang bisa setiap saat diberikan pada anak.

Kekurangan zat besi pada anak sangat berpengaruh pada kehidupannya saat dia dewasa. kekurangan zat besi bisa berakibat pada beberapa hal, antara lain:

Gangguan pada tumbuh kembang anak.

Zat besi dalam tubuh adalah sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan tubuh. Apabila kadar zat besi dalam tubuh kurang, maka akan mengganggu metabolisme tubuh yang berpengaruh pada tumbuh kembang anak.

Anak yang menderita kekurangan zat besi akan terlihat pucat, lesu, mudah capek, dan daya tahan tubuh menurun sehingga mudah sakit karena kadar hemoglobin (HB) pada darah sedikit.

Anak dengan kadar HB di bawah normal akan mengalami penurunan kekebalan atau daya tahan tubuh sehingga mudah sakit dan berat badan yang terus menurun.

Periksakan secara rutin ke dokter anak agar anda bisa mengetahui apakah anak anda menderita anemia atau tidak.

Gangguan pada tingkat kecerdasan anak.

Anak yang menderita kekurangan zat besi akan mengalami penurunan pada kemampuan intelegensianya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena pada otak manusia ada bagian yang memerlukan zat besi tinggi dan harus tercukupi pada masa kanak-kanak, tidak bisa diganti setelah dewasa.

Jangan biarkan anak anda mengalami kekurangan dalam kemampuan intelegensianya karena akan menyusahkan kehidupannya dimasa mendatang.

Setelah membaca penjelasan diatas, mudah-mudahan para ibu lebih bisa memperhatikan kebutuhan zat besi pada anak agar kehidupannya kelak menjadi lebih baik.

Post a Comment for "Zat Besi Untuk Tumbuh Kembang Anak"