Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Untuk Merawat Tali Pusar

Tips Untuk Merawat Tali Pusar

Tips Untuk Merawat Tali Pusar. Kelahiran sang buah hati tentu merupakan saat yang sangat membahagiakan dan ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri, serta anggota keluarga yang lainnya.

Dengan memiliki bayi yang lahir dengan sehat dalam kondisi yang sempurna pada anggota badan dan berfungsi dengan baik, merupakan hal yang sangat diharapkan oleh orang tua.

Ketika sang buah hati lahir, yang paling terpenting bagi orang tua adalah merawat bayi dengan penuh kasih sayang dan menjaga bayi sejak dalam kandungan maupun setelah bayi lahir.

Bagi pasangan suami istri yang baru memiliki bayi, merawat bayi yang baru lahir merupakan saat yang sangat menyenangkan juga menegangkan.

Mungkin beberapa dari anda yang belum pernah memiliki anak akan merasa gugup ketika merawat bayi. Namun pasangan suami istri yang baik tentu akan berusahan dengan keras untuk menjaga dan memberikan perhatian cukup kepada sang buah hati.

Sebab ketika bayi lahir, kondisi bayi masih sangat lemah sehingga membutuhkan perhatian dan penjagaan yang sangat serius. Semua anggota badan bayi yang baru lahir masih sangat rawan, terutama pada bagian ubun-ubun dan tali pusar bayi.

Tali pusar merupakan bagian dari plasenta ketika bayi masih dalam kandungan yang merupakan saluran bagi bayi untuk mendapatkan makanan dari makanan yang di konsumsi oleh ibu.

Namun ketika bayi lahir, tali pusar tersebut akan dipotong sehingga hanya menyisakan beberapa sentimeter pada perut bayi.

Setelah dipotong, kondisi tali pusar bayi tentu saja masih basah, namun akan mengering dan putus dalam beberapa hari selama masa perawatan yang benar. Untuk itu ibu harus mengetahui tips untuk merawat tali pusar bayi.

Merawat tali pusar bayi sebenarnya tidaklah sulit, namun jangan di remehkan. Dalam dunia kesehatan, tali pusar bayi sebaiknya tidak diberi alkohol ataupun obat merah kecuali jika terjadi infeksi.

Tips Untuk Merawat Tali Pusar

Untuk itu tidak ada salahnya jika ibu menyimak beberapa tips untuk merawat tali pusar bayi seperti berikut ini:

  • Setelah bayi dimandikan, yang paling terdahulu adalah untuk segera mengeringkan tali pusarnya. Usahakan agar tali pusar tidak sampai kotor dan basah. Oleh karena itu ketika bayi diberi minyak dan bedak, usahakan untuk tidak mengenai tali pusarnya.
  • Bungkus tali pusar menggunakan kain kasa yang lembut dan berongga sehingga tidak melukai bayi dan membuat tali pusar cepat kering.
  • Hindari popok atau celana yang bayi kenakan mengenai tali pusar, sebab dikhawatirkan ketika bayi buang air kecil, air kencingnya akan merambat melalui popok atau celana dan mengenai tali pusar. Hal tersebut dapat menyebabkan infeksi berbahaya pada tali pusar bayi.

Setelah mengetahui beberapa tips sederhana merawat tali pusar bayi, kini ibu dan ayah dapat saling bekerja sama untuk menjaga dan merawat sang buah hati dengan benar dan hati-hati.

Sebab orang tua tentunya ingin bayinya tumbuh dengan sehat dan sesuai dengan impian orang tua.

Post a Comment for "Tips Untuk Merawat Tali Pusar"