Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan

Tips Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan

Tips Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan. Periode kehamilan merupakan periode dimana terjadi peningkatan kebutuhan zat gizi secara dramatis pada wanita untuk mendukung perkembangan janin. 

Konsumsi suplemen pada masa kehamilan sering kali disarankan oleh dokter untuk membantu pemenuhan kebutuhan zat gizi ibu hamil.

Namun demikian, tidak jarang obat-obat bebas atau produk herbal di pasaran yang mengklaim produknya mengandung berbagai suplemen yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Walaupun terjadi peningkatan kebutuhan zat gizi yang signifikan, namun apapun makanan atau obat-obatan yang dikonsumsi oleh ibu akan sangat berpengaruh pada janin.

Oleh karena itu, jenis dan jumlah suplemen yang dikonsumsi oleh ibu harus tepat agar tidak memberikan efek samping, baik bagi ibu dan janin.

Tips Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan

Konsumsi suplemen pada masa kehamilan sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan. Jangan pernah mengkonsumsi suplemen tanpa memberitahu dokter atau bidan.

Hanya konsumsi suplemen yang diresepkan oleh dokter merupakan cara teraman untuk memastikan suplemen yang anda konsumsi adalah jenis suplemen yang tepat untuk ibu hamil dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan anda.

Kelebihan konsumsi berbagai suplemen bukan malah akan membuat anda sehat, melainkan dapat menimbulkan efek samping yang akan mengganggu proses kehamilan seperti misalnya konsumsi multivitamin yang mengandung zat besi dapat memicu mual dan muntah apabila dikonsumsi di trimester awal kehamilan.

Contoh lainnya yaitu kelebihan konsumsi suplemen zinc atau seng juga dapat menimbulkan mual, muntah, diare, atau bahkan menurunkan kekebalan tubuh.

Pengetahuan tentang dosis konsumsi yang tepat, cara dan waktu konsumsi perlu diketahui untuk meminimalkan efek samping yang mungkin ditimbulkan akibat konsumsi berbagai suplemen untuk ibu hamil.

Adapun jenis-jenis suplemen yang biasanya diberikan selama kehamilan diantaranya suplemen zat besi, asam folat, dan multivitamin.

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan selama kehamilan selain yang diresepkan dokter, sebaiknya hal yang terlebih dahulu harus dilakukan adalah perbaikan kualitas diet.

Pemenuhan konsumsi zat gizi dari diet seimbang lebih aman daripada konsumsi berbagai suplemen sintetik.  Dengan pemilihan bahan makanan yang beraneka ragam serta cara pengolahan yang benar, maka ibu hamil sebenarnya tidak memerlukan suplemen tambahan selain yang diresepkan dokter.

Post a Comment for "Tips Mengkonsumsi Suplemen Selama Kehamilan"