Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Kesehatan Bagi Wanita Hamil Muda

Tips Kesehatan Bagi Wanita Hamil Muda

Tips Kesehatan Bagi Wanita Hamil Muda. Wanita hamil harus menjaga kesehatan tubuhnya. Semua orang pasti mengetahui hal ini. Tapi ada kalanya wanita tidak mengetahui bagaimana cara untuk menjaga kehamilan tersebut.

Ada juga wanita yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil muda sehingga kurang memperhatikan kesehatan dirinya sendiri. Akibatnya bisa ditebak kondisi kesehatan yang kurang terjaga membuat kondisi janin yang ada dalam kandungannya pun kurang terjaga.

Tentu hal ini tidak diinginkan oleh para wanita hamil, untuk itulah ada beberapa tips kesehatan yang patut diperhatikan pada wanita yang tengah hamil muda.

Pada trimester awal kehamilan hendaknya wanita hamil mengetahui beberapa masalah kesehatan yang akan terjadi dan berusaha mencari tahu solusi yang tepat tanpa rasa panik yang berlebihan.

Wanita hamil harus menyadari bahwa masa hamil muda adalah saat-saat paling rawan keguguran sehingga sangat riskan bagi wanita untuk mengalami stress.

Tips Kesehatan Bagi Wanita Hamil Muda

● Pada trimester pertama, ibu hamil harus menjaga asupan makanan untuk menjaga janin dari cacat lahir. Hendaknya calon ibu mengkonsumsi asam folat 400 mg setiap hari selama 12 minggu untuk menjaga kesehatan bayi.

● Sebaiknya wanita yang sedang hamil berhenti merokok dan atau mengkonsumsi minuman keras. Resiko rokok dan alkohol pada bayi sangat buruk sehingga penting untuk menjauhkan bayi dari kedua hal tersebut.

● Pada kondisi hamil muda, wanita sangat rentan terkena stres dan menolak untuk makan. Padahal hal ini tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak mengkonsumsi makanan sama sekali. Perut yang kosong dapat memperparah keluhan mual dan dapat menurunkan kesehatan ibu hamil yang akan berbahaya bagi janin mereka.

● Hendaknya anda mengkonsumsi pisang untuk mengisi perut dan mulai mencari makanan dengan aroma segar seperti biskuit jahe, teh, salad, jus jeruk atau mint.

● Pada masa hamil muda, wanita hamil harus memiliki kekuatan psikologi tinggi agar mampu menaklukkan segala kesulitan di awal kehamilan yang biasanya tidak mudah dihadapi, khususnya bagi wanita yang baru pertama kali mengalami kehamilan.

● Wanita yang sedang hamil biasanya sering mengantuk. Ada baiknya wanita hamil tidak menunda tidur saat mereka mulai mengantuk. Hal ini penting untuk menjaga stamina dan menyimpan energi untuk selalu siap menghadapi masalah kehamilan. Tubuh yang kuat akan dapat mengatasi berbagai masalah dengan lebih baik.

● Ibu hamil harus bekerja ekstra keras dalam menjaga kesehatan. Asupan makanan pun harus dijaga dengan ketat. Hindari makanan yang banyak vitamin A dan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Sinar UV juga harus dihindari untuk mencegah masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hamil.

Memasuki trimester kedua, ibu hamil harus mulai memperbanyak olah raga untuk mempersiapkan kelahiran. Melakukan olah raga seperti berenang, jogging, pilates dan yoga sangat dianjurkan untuk mengisi trimester kedua.

Selain itu olah raga juga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti perut kembung dan badan lemas

Menjaga kestabilan emosi juga harus dilakukan wanita hamil pada trimester kedua dengan melakukan aktifitas berlibur.

Pada trimester terakhir, ibu hamil harus tenang dan rileks untuk mempersiapkan diri menjelang kelahiran. Segala sesuatu yang penting untuk persiapan kelahiran seperti senam hamil dan lain-lain harus dilaksanakan dengan disiplin.

Post a Comment for "Tips Kesehatan Bagi Wanita Hamil Muda"