Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Kembangkan Otak Anak

Tips Kembangkan Otak Anak

Tips Kembangkan Otak Anak. Memiliki anak yang cerdas memang impian setiap ibu dan ayah. Pasangan suami istri yang telah memiliki anak tentu akan memberikan asupan gizi dan nutrisi, serta mengajarkan sang buah hati mengenai hal-hal baru terhadap sang buah hati.

Ibu akan memberikan pendidikan apapun untuk mengembangkan otak anak, padahal masih ada cara mudah yang dapat dilakukan tanpa harus melibatkan orang lain, bahkan mulai dari ayah dan ibu sendirilah yang dapat membantu untuk mengembangkan otak anak.

Anak yang mendapatkan banyak perhatian dari orang sekitar, terutama ibu dan ayah cenderung akan lebih mudah untuk berkembang dan berkomunikasi.

Berbeda halnya jika ibu dan ayah yang disibukkan oleh aktivitas sehari-hari dan menitipkan anak pada babysitter, hal tersebut cenderung membuat anak lebih pasif dengan keadaan sekitar.

Selain mendapat perhatian cukup dari kedua orang tua, ada beberapa komponen dasar lainnya dalam membantu perkembangan otak anak, yakni lingkungan yang aman dan pengalaman yang positif.

Ketika bayi merasa tertekan, otak akan merespon dengan menghasilkan zat kortisol, jika kadar kortisol yang tinggi terhadap anak dapat memperlambat perkembangan otak anak tersebut.

Oleh sebab itu mengapa bayi perlu mendapatkan perhatian yang cukup dari kedua orang tua dan lingkungan sekitarnya. Dengan lingkungan aman dan nyaman dapat membantu perkembangan otak anak.

Ibu dan ayah dapat memberi respon ketika bayi menangis ataupun sedang mengoceh. Dengan mendapat pengalaman yang diterima setiap hari juga dapat membantu perkembangan otak anak.

Ibu juga tidak perlu sungkan untuk mengajak anak pergi ke pasar atau toko buku, sebab hal tersebut sangat penting untuk pembentukan jaringan perkembangan sel otak pada anak.

Tips Kembangkan Otak Anak

Selain itu, ada beberapa tips kembangkan otak anak untuk membantu orang tua agar sang buah hati dapat tumbuh dengan cerdas, seperti berikut:

  • Berikan perawatan dan kasih sayang yang kuat terhadap anak selama masa kehamilan.
  • Berikan nutrisi yang cukup pada anak, dengan memberi kecukupan nutrisi ASI pada enam bulan pertama kehidupan bayi.
  • Berikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak anda.
  • Buat kontak mata serta berbicara dengan anak, jangan lupa untuk selalu tersenyum kepada anak.
  • Perkenalkan anak dengan aneka ragam musik dan bernyanyilah bersamanya.
  • Berikan interaksi yang nyata dengan anak untuk membantu perkembangan otaknya. Batasi anak ketika sedang menonton televisi, agar tidak menonton terlalu lama.
  • Beri ruang bagi anak untuk dapat berinteraksi dengan teman sebayanya, jangan melarang anak untuk bermain dengan teman sebayanya, namun tetap diperhatikan dari jauh.
  • Usahakan agar orang tua tidak mengalami stres, sebab hal tersebut cenderung akan mengalihkan stres kepada anaknya.
  • Jika akan menitipkan anak, usahakan untuk mencari tempat penitipan yang bermutu tinggi atau bisa dititipkan kepada saudara yang juga memiliki anak yang sebaya dengan anak anda.

Dengan mengetahui beberapa tips kembangkan otak anak seperti diatas, ibu dan ayah mengetahui cara tepat untuk mengembangkan otak anak mulai dari dalam lingkungan sekitar. Dengan begitu anak anda akan tumbuh dengan cerdas seperti yang ibu dan ayah harapkan.

Post a Comment for "Tips Kembangkan Otak Anak"