Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips dan Cara Menyusui Untuk Ibu Yang Bekerja

Tips dan Cara Menyusui Untuk Ibu Yang Bekerja

Tips dan Cara Menyusui Untuk Ibu Yang Bekerja. Pekerjaaan sering kali menjadi alasan sebagian besar wanita karir untuk tidak menyusui bayinya. Padahal menyusui diketahui memberikan banyak manfaat, baik bagi ibu maupun bayi.

Pemberian ASI untuk bayi sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga saja. Sekarang ini banyak juga wanita karir yang mampu memberikan ASI secara eksklusif kepada bayinya tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

Tentu saja menyusui sambil bekerja mambutuhkan komitmen yang tinggi dari ibu sendiri untuk dapat memberikan ASI saja bagi bayinya. Berbagai cara menyusui untuk ibu bekerja dapat dilakukan untuk mendukung pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan.

Perusahaan atau bahkan instansi pemerintah sering kali membatasi pemberian cuti hamil kepada pegawainya yang melahirkan.

Hal ini sering kali merenggut hak bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif, karena biasanya kesibukan pekerjaan merupakan hal yang memicu ibu untuk tidak memberikan ASI eksklusif pada bayinya.

Sangat jarang perusahaan atau instansi pemerintah yang menyediakan tempat penitipan bayi bagi pegawai wanitanya yang memiliki bayi. Bahkan masih jarang perusahaan yang menyediakan ruangan khusus menyusui untuk pegawai wanitanya.

Tips dan Cara Menyusui Untuk Ibu Yang Bekerja

Apabila anda juga mengalami hal ini di tempat anda bekerja, jangan menyerah tetap memberikan makanan terbaik untuk bayi anda, yaitu ASI.

Pemberian ASI tetap bisa dilakukan dengan menyusui bayi di pagi hari sebelum bekerja dan di malam atau sore hari setelah pulang bekerja. Jika terdapat tempat penitipan bayi di kantor anda, maka anda tetap dapat menyusui sesuai jadwal.

Namun bila tempat penitipan bayi tidak tersedia, anda dapat memerah ASI secara teratur tiap 2 jam sekali dan menyimpannya untuk dibawa pulang, atau menyuruh kurir mengambil ASI perahan anda untuk diberikan kepada bayi anda dirumah.

Bayi yang menerima ASI eksklusif tanpa disusui langsung oleh ibunya sebaiknya tidak minum menggunakan botol. Kebiasaan minum dari botol atau dot, walaupun dalam dot berisi ASI dapat menyebabkan timbulnya bingung putting pada bayi, yang menyebabkan bayi tidak mau disusui langsung dari payudara ibu.

Untuk menghindari hai ini, pastikan pengasuh bayi memberikan ASI perahan anda dengan sendok atau cangkir apabila anda tidak dapat menyusui langsung bayi anda.

Post a Comment for "Tips dan Cara Menyusui Untuk Ibu Yang Bekerja"