Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui. Menjadi seorang ibu memang bukan perkara mudah. Dari waktu hamil saja sudah begitu menyiksanya. Apalagi ketika menyusui.

Setiap malam harus rela tidak nyenyak tidur karena harus menyusui. Namun, Hamil dan menyusui adalah dua hal yang sangat berat namun sangatlah indah sekaligus berarti bagi seorang wanita.

Dari beberapa pengalaman, banyak ibu yang tidak mau menyusui anaknya dengan alasan air susu tidak cukup, air susu tidak keluar, dan masih banyak lagi alasan yang keluar dari mereka.

Semua itu salah besar, menyusui merupakan sesuatu yang bisa dikatakan wajib bagi semua wanita di muka bumi ini. Sebenarnya, tidak ada alasan untuk seorang ibu untuk tidak menyusui anaknya. ASI sudah secara alami terproduksi ketika seorang wanita melahirkan.

Nah, bulan romadhon sebentar lagi sudah tiba. Waktunya umat Islam sedunia menjalankan kewajibannya, yaitu puasa selama 30 hari.

Sepintas, bisa dibayangkan betapa susahnya puasa bagi ibu menyusui. Banyak ibu tidak berpuasa karena menyusui anaknya. Bisa dan boleh- boleh saja dilakukan, tapi kan sayang jika kita tidak merasakan nikmatnya puasa dan nikmatnya bulan romadhon tahun ini.

Bukankah kita tidak tahu, apakah romadhon tahun depan kita masih diberi kesempatan hidup? Nah, itulah alasan artikel ini saya buat untuk membantu ibu- ibu sekalian agar bisa berpuasa sembari menyusui dengan enak dan tidak berat.

Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Pertama, yang harus ibu ibu lakukan adalah memantapkan niat. Tanpa niat dan tekat yang kuat, Ibu tidak akan sanggup menahan lapar dan dahaganya ibu menyusui. Namun, percayalah dengan niat ikhlas berpuasa dan ikhlas menyusui, semua akan dimudahkan oleh Allah.

Kedua, Ibu Ibu harus tahu bahwa makanan adalah sumber tenaga kita. Jadi, Ibu- Ibu sekalian bisa memperbanyak gizi makanan ketika buka dan sahur.

Agar asupan gizi kita bisa seimbang dan bagus, konsumsilah banyak sayuran dan buah buahan ketika buka dan sahur. Selain itu, perbanyak air minum.

Air minum adalah konsumsi terbaik untuk ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi banyak air minum, akan lebih banyak ASI yang diproduksi oleh tubuh anda. Dan itu berarti, persiapan ASI untuk si kecil akan terpenuhi selama setengah hari ibu tidak minum dan makan.

Kemudian, akan lebih baik jika Ibu- Ibu mengurangi makanan yang pedas karena makanan pedas akan menghambat produksi ASI.

Artinya, jika dalam waktu buka dan sahur Ibu Ibu mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan, maka produksi ASI Anda akan berkurang. Itu tandanya, kebutuhan si kecil akan tidak terpenuhi.

Kiranya hanya itu tips- tips buat Anda, Ibu Ibu yang sedang menyusui. Anda tidak perlu khawatir bahwa si kecil akan panas atau sakit jika anda berpuasa.

Yakinlah bahwa anda dan si kecil bisa, maka puasa romadhon anda akan lancar dan si kecil juga tambah sehat. Selain itu, banyak hal dengan puasa yang kita bisa ajarkan secara tidak langsung kepada anak anak kita.

Jadi, menyusui bukanlah alasan untuk kita tidak menjalankan puasa. Lagian, bukankah berat rasanya jika kita harus mengganti puasa selama 30 hari di hari selain romadhon?

Nah, semoga dengan tips di atas, Ibu- Ibu bisa menjalankan puasa romadhon tahun ini dengan baik dan lancar. Dengan sedikit merubah pola makan, Insya Allah puasa dan menyusui akan sama sama jalan dengan lancar. Jadi, begitu indahnya menyusui di Romadhon kali ini?

Post a Comment for "Tips Berpuasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui"