Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tenang Menghadapi Persalinan Dengan Tips Ini

Tenang Menghadapi Persalinan dengan Tips Ini

Tenang Menghadapi Persalinan dengan Tips Ini. Semua Ibu hamil yang akan melahirkan pasti merasa khawatir, entah itu mengkhawatirkan sakit yang akan ia rasakan ataupun bayinya yang akan lahir dengan sehat atau tidak.

Baik persalinan normal maupun caesar tetap membuat si Ibu tidak tenang menghadapi persalinan. Karena itu, persiapan menjelang persalinan harus dilakukan agar saat menjalani persalinan, bunda merasa tenang.

Biasanya dokter akan menginformasikan HPL si bayi, dengan begitu bunda bisa mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bunda tenang menghadapi persalinan :

1. Persiapan Mental

Tips tenang mengahadapi persalinan yang pertama adalah persiapan mental. Setiap metode persalinan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Karena itu, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan bunda sebelum memilih metode persalinan.

Dengan begitu, bunda bisa lebih mempersiapkan persalinannya. Misalnya saja bagi bunda yang kondisi kesehatan dan janinnya tidak memungkinkan untuk persalinan normal, maka harus menempuh persalinan caesar.

Disamping itu, dukungan keluarga juga sangat berarti untuk kondisi jiwa dan psikologi bunda lebih tenang.

2. Mempersiapkan Tempat Untuk Persalinan

Mempersiapkan tempat bersalin juga sangat penting disini. Banyak Ibu hamil yang merasa stress saat akan melahirkan karena tempat bersalin yang kurang nyaman, maupun fasilitas yang kurang memadai.

Dengan mempersiapkannya jauh-jauh hari, bunda bisa lebih bisa memilih tempat yang nyaman, dengan fasilitas yang memadai, dan tentu saja juga memperhitungan jarak antara rumah dengan tempat bersalin.

3. Mempersiapkan Kebutuhan dan Perlengkapan bagi Bunda dan Bayi

Selanjutnya tips tenang menghadapi persalinan yaitu dengan mempersiapkan kebutuhan dan perlengkapan bagi bunda dan bayi.

Memasuki usia kehamilan 7 bulan, biasanya bunda sudah dapat mengetahui jenis kelamin si bayi. Karena itu, bunda sudah bisa membeli pakaian dan kebutuhan yang sesuai.

Beberapa kebutuhan bayi yang perlu bunda beli antara lain popok, selimut, bantal, kaos kaki, sarung tangan, perlak, tempat tidur, dan perlengkapan lainnya.

Sedangkan bagi bunda, perlu dipersiapkan misalnya pembalut pasca melahirkan, baju menyusui dan bra khusus menyusui, dan perlengkapan lain yang mendukung.

4. Mengetahui Tanda-tanda saat akan Melahirkan

Tentu saja hal ini wajib diketahui oleh bunda agar bisa lebih tenang menghadapi persalinan. Bunda bisa mencari informasi dari berbagai sumber seperti dokter, buku, atau sharing dengan bunda lainnya.

Saat mendekati hari H, Ibu hamil sering merasakan kontraksi pada perutnya. Terkadang beberapa kontraksi hanya kontraksi palsu sehingga bunda mengira sudah mendekati hpl.

Dengan mengetahui tanda-tanda akan melahirkan, maka bunda bisa lebih siap dan tidak khawatir berlebihan saat mengalami kontraksi seperti itu.

Demikian bunda beberapa tips tenang menghadapi persalinan yang bisa dilakukan. Dengan persiapan yang cukup, proses menjelang kelahiran bayi tercinta akan lebih santai dan tenang dijalani. Semoga bermanfaat dan membantu bunda.

Post a Comment for "Tenang Menghadapi Persalinan Dengan Tips Ini"