Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Temani Anak Anda Disetiap Perkembangannya

Temani Anak Anda Disetiap Perkembangannya

Temani Anak Anda Disetiap Perkembangannya. Anak-anak kita saat ini sudah jarang sekali menikmati permainan-permainan yang dilakukan di luar rumah. Dahulu, di tahun 90-an kita masih terpapar dengan permainan-permaian tradisional sebut saja bola kasti, gobak sodor, petak umpet dan lain-lain.

Sangat berbeda dengan buah-buah hati kita di saat ini, mereka cenderung banyak bermain di rumah. Dengan kemajuan teknologi saat ini kegiatan yang sering dilakukan anak-anak kita, hampir selalu berkaitan dengan layar monitor seperti menonton TV, menonton DVD, bermain games di komputer, atau bermain play station.

Paparan terlalu sering terhadap layar monitor seperti di atas tentunya dapat mengganggu kesehatan mata si buah hati, kelainan seperti mata kering yang gampang teriritasi, sampai kelainan refraksi yang mengharuskan si anak menggunakan kacamata.

Temani Anak Anda Disetiap Perkembangannya

Untuk dapat melindungi mata dari bahaya tersebut berikut beberapa tips menonton yang dapat dilakukan untuk si buah hati.

1. Arahkan ia untuk menonton pada jarak tertentu, jarak aman yang dianjurkan adalah 2,5 kali diagonal layar monitor televisi atau komputer

2. Batasin waktu menonton si buah hati. Buat aturan bersama dengan anak Anda, berapa kali sehari dia boleh menonton TV dan berapa lama waktu yang diperbolehkan.

Anda dan seluruh orang di rumah harus konsisten terhadap aturan ini tiap hari. Misalnya jika Anda sepakat anak cuma boleh menonton 2 kali sehari masing-masing setengah jam, maka semua anggota rumah harus tahu peraturan ini dan selalu konsiten melaksanakan.

Untuk kesehatan mata, batas aman menonton televisi adalah 2 jam. Setalah menonton selama 2 jam,sebaiknya istirahatkan mata dengan melihat benda-benda dengan jarak jauh atau memejamkan mata selama sekitar 15 menit

3. Untuk anak yang senang bermain komputer, maka sebaiknya posisi layar komputer diatur sebaik mungkin agar si buah hati nyaman menonton.

4. Atur kelembaban udara ruangan dengan mengatur suhu AC agar tidak terlalu dingin, sehingga kelembaban mata dapat terpelihara dan keluhan mata kering yang gampang teriritasi pun dapat terhindar

5. Anak sebaiknya banyak makan makanan yang mengandung vit A seperti buah dan sayuran. Seperti kita ketahui vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata

Post a Comment for "Temani Anak Anda Disetiap Perkembangannya"