Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanda-Tanda Janin Sehat

Tanda-Tanda Janin Sehat

Tanda-Tanda Janin Sehat. Tidak heran jika ibu hamil sangat khawatir dengan kesehatan pada janinnya, itu hal yang sangat wajar terjadi sebagai calon seorang ibu yang belum dapat langsung melihat keadaan sang buah hati didalam rahim.

Sehingga seringkali beberapa pertanyaan muncul mengenai bagaimana pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati dan membuat ibu sangat khawatir bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Pertanyaan ibu hamil seputar pertumbuhan dan perkembangan sang buah hati biasanya dapat di cek melalui beberapa pemeriksaan kehamilan oleh dokter.

Tanda-Tanda Janin Sehat

Tapi ada juga beberapa hal sederhana yang bisa ibu hamil ketahui beberapa tanda janin sehat, seperti berikut:

Perut Membesar

Salah satu tanda awal janin anda sehat adalah dengan adanya pertumbuhan selama kehamilan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, maka perut ibupun akan membesar menyesuaikan dengan besarnya janin.

Biasanya ketika melakukan pemeriksaan besarnya rahim ibu, akan dicek apakah sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Seperti misalnya pada kehamilan usia 20 minggu, rahim ibu kira-kira akan teraba setinggi pusar atau tidak.

Kenaikan Berat Badan

Selain membesarnya perut ibu, tentu akan berpengaruh juga dengan kenaikan berat badan. Bila ibu mengalami kenaikan berat badan yang sesuai dengan bertambahnya usia kehamilan, tentu akan berpengaruh pada kenaikan berat bayi dan pertumbuhan dalam rahim tidak terhambat, begitu pula dengan sebaliknya.

Biasanya kenaikan berat badan ibu hamil yang dianjurkan beberapa kilogram selama 3 bulan pertama adalah 1,5 – 2 kg per bulan hingga sang bayi lahir, maka jika dihitung ibu akan mengalami kenaikan berat badan 11 – 15 kg selama kehamilan 9 bulan.

Pergerakan Janin

Sejak usia kehamilan 20 minggu, bayi akan memberikan respon gerakan dengan aksi tendangan yang dapat dirasakan oleh ibu sebagai getaran dalam perut ibu.

Gerakan pada janin tersebutlah sebagai salah satu tanda bahwa janin sehat, serta setiap 4-6 jam sehari, ibu akan merasakan gerakan sang bayi dan lebih banyak ketika pada malam hari saat ibu makan dan beristirahat.

Detak Jantung

Sejak usia kehamilan pada bulan ketiga atau masuk bulan keempat, detak jantung janin sudah dapat terdengar melalui alat Doppler.

Alat tersebut dapat merefleksikan detak jantung bayi yang menunjukkan bahwa sang bayi sehat dan normal dengan berdenyut 110 – 160 kali per menit.

Pemeriksaan Ultrasonogram (USG)

Yang lebih memperjelas tentang perkembangan bayi adalah dengan melakukan pemeriksaan Ultrasonogram (USG), sehingga ibu dapat melihat foto sang bayi dalam rahim.

Gambar yang dihasilkan oleh USG pun dapat membantu dokter untuk memantau tanda janin sehat dan pertumbuhan bayi dengan mengukur beberapa parameter sesuai dengan pada usia kehamilan ibu.

Seperti misalnya pada ukuran kantung kehamilan pada beberapa minggu usia kehamilan ibu dan mengukur berapa diameter kepala bayi, panjang tulang janin, mendeteksi organ dalam janin dan bahkan melihat jenis kelamin janin.

Dengan melakukan beberapa cara yang dapat melihat tanda-tanda janin sehat, ibu hamil tidak akan terlalu khawatir lagi dengan kesehatan dan perkembangan pada bayi.

Namun yang terpenting adalah memberikan asupan nutrisi dan gizi yang tepat untuk janin dengan mengkonsumsi segala makanan yang banyak mengandung nutrisi dan gizi yang cukup dibutuhkan untuk ibu hamil serta janin di dalam kandungannya.

Semoga informasi Tanda-tanda Janin Sehat seperti diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Post a Comment for "Tanda-Tanda Janin Sehat"