Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Susu Formula Vs Susu UHT

Susu Formula Vs Susu UHT

Susu Formula Vs Susu UHT. Banyak dari kita yang salah persepsi mengenai susu formula vs susu UHT. Sebenarnya susu formula sangat berbeda dengan susu UHT. Namun karena terpengaruh iklan di televisi, ibu-ibu kadang tidak memahami perbedaan antara susu formula vs susu UHT. 

Ada yang beranggapan bahwa susu formula lebih baik daripada susu UHT. Namun tak sedikit pula yang beranggapan sebaliknya. Apa benar demikian? Nah, pada artikel berikut ini akan dijelaskan perbedaan mendasar antara susu formula vs susu UHT.

Susu Formula Vs Susu UHT; Apa Itu Susu Formula?

Susu formula merupakan susu yang diformulasikan khusus yang komposisinya menyerupai ASI. Susu formula ditujukan bagi bayi di bawah satu tahun yang tidak mendapatkan ASI dari ibunya.

Pada susu formula, karena bayi belum dapat mencerna susu sapi dengan kadar lemak tinggi secara langsung maka ditambahkannya bahan dasar skimmilk dari lemak nabati agar tidak menimbulkan alergi pada bayi.

Skimmilk sendiri merupakan hasil pemisahan antara lemak susu dari susu murni. Karena kadar vitamin larut dalam skimmilk rendah, maka produsen susu formula menambahkan vitamin-vitamin tambahan melalui proses fortifikasi.

Selain itu akibat proses pengeringan susu formula membuat kandungan vitaminnya rusak pada suhu tinggi. Sebagai gantinya, produsen susu juga menambahkan lemak nabati seperti linoleat-linoleat DHA, dan AA agar komposisinya sedekat mungkin mirip dengan ASI pada ibu menyusui.

Susu Formula Vs Susu UHT; Apa Itu Susu UHT?

Berbeda dengan susu formula, susu UHT merupakan susu yang direkomendasikan untuk bayi di atas usia satu tahun. Susu UHT diolah dengan panas tinggi, waktu yang singkat, memiliki daya simpan yang lama selama kemasan masih utuh namun tidak mengandung pengawet.

Karena bayi di atas satu tahun sudah mulai dapat mencerna susu sapi dengan baik, susu UHT tidak mengalami proses pemisahan lemak susu sehingga kandungan vitamin dan mineral alaminya tidak rusak.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ternyata antara susu formula vs susu UHT tidak dapat dibandingkan secara langsung karena memiliki tujuan penggunaan yang berbeda.

Susu formula ditujukan untuk bayi usia kurang dari satu tahun sedangkan susu UHT ditujukan untuk bayi berusia di atas satu tahun.

Susu formula komposisinya lebih banyak penambahan vitamin, mineral dan lemak nabati secara kimiawi sedangkan susu UHT mengandung vitamin dan mineral alami dari olahan susu sapi murni.

Nah, sekarang sudah jelas bukan perbedaan antara susu formula vs susu UHT? Jadi ibu-ibu tidak perlu bingung lagi kapan memberikan bayinya susu formula dan kapan memberikan bayinya susu UHT.

Pastikan ibu berikan produk yang terbaik bagi buah hatinya tanpa harus salah lagi memilih antara susu formula vs susu UHT.

Post a Comment for "Susu Formula Vs Susu UHT"