Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sampai Umur Berapakah Bayi Wajib Mendapatkan ASI Eksklusif?

Sampai Umur Berapakah Bayi Wajib Mendapatkan ASI Eksklusif?

Sampai Umur Berapakah Bayi Wajib Mendapatkan ASI Eksklusif ? Mempunyai bayi yang sehat adalah hal yang sangat didamba-dambakan setiap ibu. Setiap ibu selalu berharap agar bayinya dapat tumbuh menjadi anak yang sehat.

Untuk menjadikan bayi menjadi anak yang tumbuh dengan sehat, ibu perlu memberikan asupan nutrisi yang tepat. Nutrisi yang tepat bagi bayi adalah Air Susu Ibu (ASI).

ASI adalah susu sekaligus makanan yang tepat bagi semua bayi. Tidak ada satu pun susu, baik yang dihasilkan dari kambing, sapi, ataupun susu formula yang mampu melebihi keunggulan dari komposisi ASI. ASI merupakan susu terbaik yang kaya akan protein yang sangat dibutuhkan oleh setiap bayi. 

Sampai Umur Berapakah Bayi Wajib Mendapatkan ASI Eksklusif?

Pada hari pertama sampai keempat, Air Susu Ibu yang keluar merupakan kolostrum yang sangat kaya akan protein. Protein tersebut bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sang bayi.

Pada hari berikutnya sampai hari ke-sepuluh, Air Susu Ibu yang keluar merupakan ASI transisi yang mana kadar protein yang terkandung di dalam ASI tersebut berkurang.

Meskipun kadar protein yang terkandung di dalam ASI tersubut berkurang, akan tetapi terjadi peningkatan pada kadar lemak, karbohidrat, dan volume ASI tersebut.

Setelah hari ke-sepuluh, ASI yang keluar merupakan ASI mature yang berupa susu padat dan dapat memenuhi kebutuhan untuk pertumbuhan bayi.

Bayi harus mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan awal setelah kelahirannya. Kemudian, ibu bisa meneruskan untuk memberikan ASI kepada bayinya bersama dengan beberapa makanan pendamping.

Adapun beberapa manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi. Manfaat yang pertama adalah ASI mempunyai nutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang sang bayi serta menjadikan daya tahan tubuh yang optimal bagi sang bayi.

Hal ini disebabkan karena ASI memiliki nutrisi yang mempunyai jumlah dan perbandingan yang sangat tepat. ASI juga mengandung faktor pelindung yang dapat melindungi bayi dari beberpa penyakit.

Bayi tidak akan alergi terhadap ASI karena adanya immunoglobulin yang terdapat pada kolostrum tidak hanya berfungsi sebagai antibakteri tetapi juga dapat mencegah terserapnya makromolekul asing yang dapat menyebabkan alergi.

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif akan lebih cerdas dibanding dengan anak yang tidak mendapat ASI eksklusif.

Pemberian ASI eksklusif juga dapat membantu untuk mempercepat pengecilan rahim ibu serta mencegah pendarahan setelah melahirkan.

Mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium adalah manfaat lain dari pemberian ASI eksklusif untuk sang bayi. Dan masih banyak lagi manfaat yang akan diperoleh dari pemberian ASI eksklusif pada bayi.

Meskipun begitu banyak manfaat yang diperoleh dari pemberian ASI eksklusif, ada beberapa ibu yang tidak ingin memberikan ASI eksklusif untuk bayinya dikarenakan beberapa faktor.

Disamping itu, terdapat beberapa perbedaan pengertian tentang pemberian ASI eksklusif yang terjadi dalam program-program kesehatan.

Akan tetapi, dengan adanya PP (Peraturan Pemerintah) tentang pemberian ASI eksklusif diharapkan tidak akan lagi terjadi perbedaan tentang pengertian pemberian ASI eksklusif.

ASI (Air Susu Ibu) ekslusif merupakan ASI (Air Susu Ibu) yang diberikan oleh ibu kepada bayi sejak bayi lahir sampai bayi berusia 6 bulan.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan tersebut tanpa perlu menambahkan atau mengganti dengan minuman atau makanan tambahan lain.

Dengan adanya peraturan tersebut, diharapkan para ibu dapat mengusahakan untuk memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sampai usia 6 bulan. Setelah bayi tersebut berusia 6 bulan, ibu dapat memberikan tambahan makanan lain untuk bayinya.

Post a Comment for "Sampai Umur Berapakah Bayi Wajib Mendapatkan ASI Eksklusif?"