Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 8-9 Bulan

Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 8-9 Bulan

Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 8-9 Bulan. Setelah pemberian makanan halus dan makanan cair di usia 6-7 bulan, pada usia 8 hingga 9 bulan bayi telah siap menerima makanan dengan konsistensi yang lebih padat. Frekuensi pemberian makan pada usia ini ditingkatkan hingga 3-5 kali per hari disamping ASI.

Makanan halus berupa bubur dan jus buah atau sayur diberikan dalam frekuensi yang sama sebanyak jumlah yang diberikan diusia 6-7 bulan. Hanya saja, porsi pemberian makanan pendamping ASI pada bayi 8-9 bulan ditambah lagi dengan satu kali pemberian tim saring setiap harinya.

Di era modern seperti ini, jarang sekali ibu atau pengasuh bayi yang memberikan makanan alami seperti tim saring kepada bayinya. Padahal pemberian makanan berupa tim saring ini penting karena merupakan upaya untuk melatih kemampuan oral motorik bayi dalam mengunyah makananya.

Selain pemberian makanan pendamping ASI, pemberian finger food atau makanan yang dapat dipegang sendiri oleh bayi sangat disarankan pada usia ini. Contoh finger food antara lain biscuit bayi dan pisang.

Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 8-9 Bulan

Pada usia 8-9 bulan, kemampuan motorik bayi telah sangat berkembang. Pemberian finger food ini bertujuan untuk melatih kemandirian anak dalam memakan makanannya sendiri.

Apabila anak terlihat hanya memainkan makanannya tanpa memakannya, jangan langsung mengambil makanan tersebut dari bayi anda.

Proses menjilat, mengunyah kemudian memuntahkan kembali, dan memegang makanan yang ada dihadapannya merupakan proses alamiah yang dilakukan bayi untuk mengenali makanannya.

Ketika anda mengambil makananya saat bayi anda hanya memainkannya akan menghambat proses pengenalan bahan-bahan makanan kepada bayi. Hal tersebut dapat berdampak pada kesulitan makan pada bayi ketika ia memasuki usia balita.

Pada usia ini, pengenalan makanan berprotein seperti daging, hati, ayam, dan telur sudah dapat mulai diberikan. Pemberian nasi sebagai makanan pendamping ASI pada bayi usia 8-9 bulan juga sudah diperbolehkan, tetapi pemberian dilakukan dengan cara menghaluskan dan menyaring nasi.

Makanan sumber karbohidrat lain yang dapat diberikan selain nasi adalah kentang. Kentang dapat dikukus atau dimasak sebagai puree untuk diberikan pada bayi di usia 8-9 bulan.

Post a Comment for "Prinsip Pemberian Makanan Pendamping ASI pada Bayi Usia 8-9 Bulan"