Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Persiapan Mental Menjelang Persalinan

Persiapan Mental Menjelang Persalinan

Persiapan Mental Menjelang Persalinan. Saat-saat menjelang persalinan adalah hal paling mendebarkan dan membahagiakan bagi bunda dan keluarga. Rasa tidak sabar ingin segera melihat sang buah hati menjadi momen-momen yang tak terlupakan.

Namun tak jarang pula kecemasan menghinggapi, khawatir apakah nantinya persalinan akan lancar, ataukah si bayi akan lahir dengan selamat, dan berbagai kekhawatiran lainnya.

Karena itu, menjelang persalinan, segalanya harus benar-benar disiapkan dengan matang dan maksimal. Selain persiapan fisik, persiapan mental juga harus dilakukan.

Karena jika seorang Ibu yang hendak melahirkan namun persiapan mentalnya kurang, akan membahayakan nyawa si Ibu dan bayinya.

Untuk mempersiapkan mental menjelang persalinan, senam hamil bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Senam hamil ini, selain membantu meningkatkan kebugaran tubuh, mengatur pernafasan, dan melatih otot panggul saat melahirkan.

Senam hamil juga bisa meningkatkan kesiapan mental bunda saat akan melahirkan. Senam hamil disarankan bagi bunda yang sudah memasuki trisemester akhir.

Selain senam hamil, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesiapan mental saat proses persalinan.

Berikut ini persiapan mental menjelang persalinan yang bisa dilakukan :

1. Latihan Kesiapan Mental

Bagi bunda yang akan melahirkan, terlebih yang baru pertama kali melahirkan, melatih mental sangat dibutuhkan. Sebagian besar dari wanita yang akan melahirkan mengkhawatirkan bagaimana rasa sakit saat proses persalinan.

Takutnya jika nyawa sang bayi tidak selamat atau lahir dengan cacat, dan ketakutan akan kehilangan nyawa saat melahirkan, serta ketakutan-ketakutan lainnya.

 2. Jangan memendam kecemasan

Saat bunda merasa cemas dan takut, jangan dipendam sendiri. Utarakan semua hal yang membuat cemas pada suami atau keluarga.

Dengan begitu, bunda tidak merasa stress berlebih karena beban pikiran yang ada. Bunda juga bisa mengikuti kelas khusus antenatal untuk lebih mempersiapkan mental saat melahirkan.

3. Bayangkan wajah buah hati

Inilah cara yang paling ampuh untuk melatih mental menjadi lebih kuat. Dengan membayangkan buah hati berada di pelukan bunda, secara tidak sadar keberanian untuk melahirkan semakin besar.

Perasaan ingin segera memeluk dan menatap wajahnya menjadi kekuatan magic yang tak bisa diberikan oleh orang lain ataupun tergantikan dengan berbagai metode melatih mental.

Post a Comment for "Persiapan Mental Menjelang Persalinan"