Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perawatan Tubuh Bayi yang Baru Lahir

Perawatan Tubuh Bayi yang Baru Lahir

Perawatan Tubuh Bayi yang Baru Lahir. Bayi yang baru dilahirkan masih sangat rentan terhadap serangan virus dan bakteri. Oleh karena itu, kebersihan seluruh tubuh bayi perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan bayi itu sendiri.

Beberapa bagian tubuh bayi memerlukan perawatan khusus. Perawatan tubuh bayi ini berguna untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang ada di kulit, serta menjaga kesehatan kulit bayi itu sendiri, sehingga bayi akan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Perawatan Tubuh Bayi yang Baru Lahir

Bagian-bagian tubuh bayi yang memerlukan perawatan khusus antara lain tali pusar, alat kelamin, kuku, hidung, dan telinga bayi.

Tali pusar merupakan bagian yang sangat sensitive. Sebelum tali pusar terlepas, hindari memandikan bayi dengan berendam. Cukup gunakan waslap yang sudah diberi sabun untuk membasuh badan bayi.

Setelah selesai mandi, segera ganti kain kasa yang membalut tali pusar dengan sangat hati-hati. Sebelumnya basahi dulu kain kasa yang akan dililitkan di tali pusar bayi dengan larutan alcohol 70% untuk mensterilkan kasa sekaligus pusar bayi.

Bagian tubuh lainnya yang harus dibersihkan adalah hidung dan telinga. Pada bagian ini, perawatan tubuh bayi hanya ditujukan untuk membersihkan bagian luar saja.

Bagian dalam hidung dan telinga tidak perlu dibersihkan karena sebenarnya bagian-bagian tubuh tersebut memiliki mekanisme khusus untuk membersihkan kotoran didalamnya secara otomatis. Bersihkan bagian luar hidung dan telingan dengan menggunakan kapas atau kain halus yang telah dibasahi dengan air.

Bokong dan alat kelamin juga harus dibersihkan, terutama setiap kali mengganti popok. Untuk bayi perempuan, bersihkan alat kelamin dengan menggunakan kain yang telah dibasahi dengan air hangat dan hindari pemakaian sabun di area ini.

Sedangkan untuk bayi laki-laki, pembersihan kelamin sebaiknya menggunakan kain yang telah diberi sabun, kemudian dibilas dengan air hangat.

Popok yang basah sering kali menimbulkan ruam pada bokong atau alat kelamin bayi. Jadi, setiap kali mengganti popok, pastikan untuk selalu mengusap bagian bokong bayi dengan kain bersih yang telah dibasahi dengan air hangat serta mengoleskan baby lotion untuk menjaga kelembaban kulit bayi di area sensitive ini.

Post a Comment for "Perawatan Tubuh Bayi yang Baru Lahir"