Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penyebab Ketidaksuburan pada Wanita

Penyebab Ketidaksuburan pada Wanita

Penyebab Ketidaksuburan pada Wanita. Mendengar kata gangguan kesuburan atau lebih dikenal dengan mandul, pastinya yang terbayang adalah ketidak-mampuan untuk memiliki keturunan secara genetis alamiah.

Bagi pasangan yang sudah menikah, pastinya terjadinya gangguan ketidaksuburan merupakan salah satu isu atau permasalahan yang paling penting dan bisa saja merembet ke arah perceraian karena masing-masing individu ingin segera memiliki keturunan yang berasal dari genetisnya secara langsung.

Menurut beberapa sumber, dikatakan bahwa gangguan kesuburan ini bisa saja terjadi pada kaum pria ataupun wanita sehingga perlu diperhatikan dengan benar beberapa penyebabnya.

Apa saja jenis dan macam penyebab ketidaksuburan pada wanita yang sebaiknya perlu diketahui?

Penyebab Ketidaksuburan

Berikut beberapa penyebab ketidaksuburan pada wanita, yaitu:

  • Genetik. Kelainan atau gangguan genetik merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan ketidaksuburan pada wanita. Menurut sebuah jurnal kesehatan yang pernah dipublikasikan beberapa waktu yang lalu, dikatakan bahwa gangguan kesuburan yang dipicu oleh gangguan genetika bisa berupa sel telur yang mandul, gangguan fungsi hormon esterogen, FSH ataupun LH atau terjadi penyumbatan pada saluran telur, sehingga mengganggu proses ovulasi dan pembuahan.
  • Infeksi virus atau bakteri. Beberapa jenis virus seperti virus HPV ataupun bakteri penyebab gonorhoe bisa mengakibatkan gangguan pada rahim, sehingga embrio atau hasil pembuahan sel telur oleh sel sperma tidak dapat berkembang secara sempurna. Perkembangan embrio yang tidak sempurna ini pada akhirnya akan dapat memicu terjadinya keguguran.
  • Pola hidup. Pola hidup yang kurang sehat seperti stress, merokok dan konsumsi alkohol, mungkin saja menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi hormon-hormon reproduksi, sehingga pada akhirnya dapat memicu pula terjadinya siklus menstruasi yang tidak normal.
  • Tumor atau kanker. Tumor atau kanker juga merupakan salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita. Beberapa jenis tumor atau kanker yang biasanya menyerang organ reproduksi wanita ini antara lain endometriosis atau bahkan kista ovarium yang menyebabkan ovarium atau kandung telur terpaksa harus diangkat atau diambil.

Demikianlah beberapa jenis dan macam penyebab ketidaksuburan pada wanita yang sebaiknya perlu diketahui.

Segera kunjungi ahli medis secara rutin ketika terjadi gangguan seperti haid yang tidak kunjung berhenti dan disertai dengan timbulnya rasa nyeri pada panggul bagian bawah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penyebab Ketidaksuburan pada Wanita"