Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Tips Kesehatan Gigi

Pentingnya Tips Kesehatan Gigi

Pentingnya Tips Kesehatan Gigi – Tips kesehatan gigi sudah menjadi pedoman penting setiap orang dalam merawat gigi sehat dan tumbuh dengan baik. Adanya gangguan sekecil apapun pada gigi akan terasa sangat nyeri dan kesakitan bagi penderita sakit gigi.

Beberapa gangguan pada gigi

Orang sering mengeluhkan betapa sakitnya jika mengalami sakit gigi dan itu juga bisa dialami oleh sebagian anak. Berikut ini beberapa gangguan gigi yang umum terjadi adalah :

  • Gigi berlubang – Gangguan yang umum sering terjadi adalah gigi yang berlubang. Disertai gejala yang kurang nyaman seperti nyeri akut pada gusi dan kepala terasa pening.
  • Radang Gusi – Jangan anggap sepele jika saat menyikat gigi terdapat bekas darah pada odol sikat. Kemungkinan itu gangguan radang pada gusi atau gingivitis. Bisa disebabkan oleh adanya bakteri dalam mulut sehingga menimbulkan infeksi.
  • Karang gigi, plak dan gigi berwarna kuning – Gangguan gigi jenis ini terkadang membuat orang kehilangan rasa percaya diri karena kurang mendukung penampilan menyeluruh.

Perhatikan tips kesehatan gigi berikut yang membantu agar gigi terus tumbuh sehat dan baik meliputi :

  • Rajin menggosok gigi – Dengan teratur menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi akan membersihkan sela-sela gigi dari kotoran dalam mulut. Gigipun tampak segar, nyaman dan bersih.
  • Teliti dalam pemakaian sikat gigi – Jangan sembarangan memakai sikat gigi karena bisa melukai gusi dan menimbulkan infeksi. Sebaiknya memilih sikat yang sesuai dan bulu yang lembut ujungnya.
  • Mengonsumsi makanan berserat – Dengan konsumsi makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan diyakini bisa membantu membersihkan kuman dalam gigi.
  • Batasi makanan serba manis – Efek berlebihan jika mengonsumsi makanan serba manis bisa juga meninggalkan sisa-sisa yang rawan bakteri dan gigi keropos bahkan plak gigi.
  • Manfaatkan obat kumur – Obat kumur baik sesudah sarapan dan sebelum tidur bisa menghalau bakteri yang bisa memperparah gangguan seperti plak gigi maupun karang gigi.
  • Periksa ke dokter gigi – Pemeliharaan gigi secara teratur bisa dilakukan dengan periksa ke dokter gigi kurang lebih 6 bulan sekali.
  • Pola hidup sehat – Orang akan lebih terjamin kesehatan giginya jika bisa menjaga diri dari kebiasaan buruk seperti merokok, minum teh berlebihan dan sebagainya.

Kini saatnya mengerti betapa pentingnya tips kesehatan gigi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment for "Pentingnya Tips Kesehatan Gigi"