Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif. Jargon pentingnya pemberian ASI Eksklusif mungkin sudah sering kali diperdengarkan di banyak media. Berbagai iklan susu formula sering kali membuat ibu menyusui lebih tertarik memberikan susu formula kepada anaknya dibanding ASI (Air Susu Ibu).

Padahal, ASI merupakan benda hidup yang kualitasnya tidak mungkin disamai oleh susu formula manapun. Selain murah, aman, dan higienis, ASI juga mengandung berbagai macam zat penting seperti misalnya zat immunoglobulin yang berperan penting untuk membentuk ketahanan fisik bayi dari serangan virus dan bakteri.

Dengan adanya zat ini, bayi tidak akan mudah sakit. Pemberian ASI diketahui dapat mengurangi resiko alergi pada bayi disamping meningkatkan kemampuan kognitifnya. Di Indonesia sendiri, kesadaran ibu untuk memberikan ASI secara eksklusif masih sangat rendah.

Padahal, menyusui tidak hanya baik bagi bayi, tetapi juga bagi ibu. Menyusui diketahui dapat menurunkan resiko menderita kanker payudara dan ovarium, yaitu jenis kanker yang paling sering menyebabkan kematian pada wanita.

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Lembaga perlindungan anak dunia (UNICEF) telah menyatakan sebanyak 30.000 kematian bayi di Indonesia dan 10 juta kematian bayi di dunia dapat dicegah melalui pemberian ASI secara eksklusif.

Bukti penelitian terbaru yang dilansir Jurnal Paediatrics pada tahun 2006 juga mengungkap bahwa bayi yang diberi susu formula memiliki kemungkinan 25 kali lebih besar untuk meninggal di bulan pertama kelahirannya dibandingkan bayi yang disusui oleh ibunya secara eksklusif.

Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif

Selain itu, kejadian kasus kurang gizi pada anak-anak berusia dibawah dua tahun ternyata dapat dikurangi kejadiannya dengan pemberian ASI eksklusif.

Pemberian ASI secara eksklusif sebaiknya dilakukan mulai dari awal kelahiran hingga bayi mencapai usia 6 bulan. Terminologi pemberian ASI Eksklusif adalah pemberian air susu ibu saja sejak awal kelahiran hingga usia 6 bulan tanpa penambahan makanan ataupun minuman apapun, termasuk air putih.

Jadi, apabila seorang bayi pernah mengkonsumsi makanan atau minuman apapun selain ASI sebelum usianya 6 bulan, maka bayi tersebut dianggap tidak mendapatkan ASI Eksklusif.

Komitmen ibu serta dukungan seluruh keluarga sangat mempengaruhi keberhasilan pemberian ASI secara eksklusif.

Persiapan pemberian ASI dapat dilakukan sejak kehamilan, sehingga masalah-masalah yang menyebabkan kesulitan menyusui dapat dihindari. Hal tersebut penting dilakukan agar bayi mendapat gizi terbaik melalui ASI.

Post a Comment for "Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif"