Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih

Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih

Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih. Perencanaan keluarga merupakan suatu hal penting di dalam hidup. Salah satunya adalah merencanakan kehamilan. Kontrasepsi merupakan salah satu metode untuk membuat kehamilan secara lebih terencana.

Alat kontrasepsi dengan jangka waktu lama, memiliki efektifitas tinggi dan memiliki tingkat kegagalan rendah menjadi kontrasepsi dengan metode efektif terpilih yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Adapun metode kontrasepsi efektif terpilih antara lain adalah sebagai berikut :

  • Intra Uterine Device (IUD).
    Metode ini merupakan cara kontrasepsi yang relatif banyak dipilih karena selan mempunyai efek samping yang tidak terlalu besar, IUD juga lebih murah karena hanya sekali pasang saja. Dengan menggunakan alat yang ditanam di dalam rahim, maka akseptor tidak perlu terlalu memikirkan mengenai jadwal khusus sebagaimana dengan menggunakan alat kb hormonal harian seperti PIL.
  • Pil KB.
    Metode kontrasepsi menggunakan PIL KB masih relatife efektif. Saat ini Pil KB sudah semakin modern dan tidak terlalu menimbulkan efek samping sebagaimana PIL KB keluaran lama yang terkadang dapat menimbulkan resiko terbentuknya jerawat serta membuat tubuh menjadi gemuk. PIL KB masa kini diracik dari hormone-hormon yang justru dapat memperbaiki penampilan seperti menambah elastisitas kulit dan meningkatkan keindahan bentuk tubuh serta memperbaiki stimulasi seksual sehingga meningkatkan daya vitalitas akseptor KB.
  • Suntik KB.
    Sebagaimana penggunaan Pil KB, suntik KB masih menjadi salah satu metode kontrasepsi efektif terpilih. Saat ini sudah ditemukan hormone untuk KB melalui metode suntik yang tidak banyak menimbulkan masalah bagi tubuh. Selain itu resiko terjdinya kegagalan KB juga sudah diminimalisasi.
  • Sterilisasi.
    Sterilisasi merupakan metode yang dianjurkan ketika pasangan usia subur sudah mencapai syarat-syarat tertentu antara lain wanita telah berusia lebih dari 35 tahun, kemudian sudah mempunyai anak lebih dari satu. Dengan melakukan sterilisasi, kecil kemungkinan seorang wanita dapat hamil kembali karena saluran reproduksinya telah dipotong ataupun disumbat supaya tidak lagi bisa mengakses pertemuan sel telur dengan sel sperma.
  • Metode Alami.
    Metode alami seperti sistem kalendar, sistem cek lender, suhu tubuh dan sejenisnya saat ini masih menjadi metode kontrasepsi efektif terpilih. Sudah banyak pasangan usia subur yang berhasil mengaplikasikan metode alami tersebut. Dan yang pasti resikonya sangat minimal.

Apapun alat kontrasepsi pilihan Anda, sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh sang pengguna.

Post a Comment for "Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih"