Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Posisi Menyusui Yang Benar

Mengenal Posisi Menyusui yang Benar

Mengenal Posisi Menyusui yang Benar. Menyusui merupakan proses alamiah yang terjadi ketika ibu melahirkan. Menyusui tidak hanya memberikan dampak kesehatan pada ibu dan janin, tetapi juga akan menguatkan jalinan emosional diantara keduanya.

Bagi ibu yang baru pertama kali melahirkan, proses menyusui mungkin akan menjadi proses yang membingungkan. Posisi menyusui yang benar penting untuk diketahui, sehingga baik ibu maupun janin akan merasa lebih nyaman, sehingga proses menyusui tidak akan menimbulkan stress bagi ibu.

Seperti yang diketahui, perasaan stress yang dialami ibu menyusui sangat mungkin berdampak pada terhambatnya proses produksi air susu ibu.

Tidak lebih dari satu jam setelah kelahiran, biasanya bidan akan menyusukan bayi pada ibunya, atau yang sering disebut dengan inisiasi menyusu dini. 

Dalam proses ini, bayi akan belajar mengenal putting ibunya. Ketika putting ibu menyentuh langit-langit mulut bayi, maka secara otomatis bayi akan menghisap putting ibu.

Setelah proses inisiasi menyusui dini berhasil, maka proses menyusui akan berlangsung lebih mudah. Sebelum memulai proses menyusui, ada baiknya ibu mensterilkan tangan dan payudara dengan mengusapkan kain hangat di sekitar payudara dan mencuci tangan sebelum menyusui.

Mengenal Posisi Menyusui yang Benar

Ketika menyusu, kenyamanan posisi bayi dan ibu harus sangat diperhatikan. Posisi menyusui yang benar akan menghindarkan ibu dari lecet atau luka pada putting yang mungkin timbul.

Ibu dapat menyusui dengan posisi duduk atau berbaring dengan santai. Saat akan menyusui bayi, letakkan bayi dengan posisi menghadap ibu, dan tempelkan perut bayi ke perut ibu.

Selanjutnya, pastikan dagu bayi menempel payudara ibu. Sentuhkan putting susu ibu pada bibir atau pipi bayi untuk merangsang bayi membuka mulutnya.

Apabila mulut bayi sudah terbuka, segera masukkan putting susu ke dalamnya. Pastikan ketika menyusu mulut bayi menutupi seluruh daerah gelap di sekeliling putting susu ibu. Susui bayi dengan menggunakan kedua payudara.

Pastikan payudara telah kosong sebelum berpindah ke payudara lainnya. Setelah proses menyusui selesai, tekan dagu bayi kearah bawah untuk membuka mulut bayi dan mengeluarkan putting susu ibu.

Post a Comment for "Mengenal Posisi Menyusui Yang Benar"