Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menentukan Posisi Menyusui Yang Paling Nyaman

Menentukan Posisi Menyusui Yang Paling Nyaman

Menentukan Posisi Menyusui Yang Paling Nyaman. Informasi mengenai posisi menyusui memang merupakan sesuatu yang sangat penting untuk diketahui terutama bagi ibu muda yang baru pertama kali memiliki buah hati. Sebenarnya ada beberapa posisi menyusui yang berbeda yang bunda dapat pilih ketika menyusui buah hati bunda.

Atau bunda bisa mencoba semua posisi menyusui yang ada untuk mengetahui posisi mana yang paling pas dan paling nyaman baik untuk bunda maupun untuk buah hati bunda.

Satu hal yang perlu untuk bunda pastikan pada waktu memilih posisi menyusui yang paling pas adalah bahwa buah hati bunda dapat melakukan pelekatan dengan tepat yaitu ketika seluruh daerah areola tertutup semua sehingga ASI yang diminum bisa maksimal dan efektif.

Beberapa Posisi Menyusui Untuk Dipertimbangkan


- Posisi Menyusui #1: Posisi Tidur Miring atau Menyamping

Bunda bisa berbaring baik miring ke kiri maupun miring ke kanan tergantung dari payudara mana yang akan disusukan kepada si buah hati.

Letakkan kepala bunda di atas bantal dan buah hati bunda di samping bunda. Bantu dia untuk mencari putting bunda hingga pelekatan sempurna.

- Posisi Menyusui #2: Posisi Duduk atau Bayi Dipangku

Pangku buah hati bunda dengan kepalanya disangga oleh lengan bunda sementara hidungnya mengarah ke putting susu bunda. Pastikan bahwa telinga, bahu dan pinggang si kecil sejajar.

Alternatif lain adalah letakkan si kecil di pangkuan bunda, jika bunda menyusui pada payudara kanan, gunakan lengan dan tangan kiri untuk menyangga si kecil (kepala disangga tangan kanan yang dibantu oleh tangan kiri).

Putar badan si kecil hingga perut dan dadanya menghadap bunda. Arahkan si kecil ke payudara bunda dengan tangan bunda yang memegang kepala (di bawah telinga si kecil).

Cara terakhir ini biasanya sesuai untuk bayi yang memiliki kesulitan dalam melakukan pelekatan atau bayi yang ukuran tubuhnya kecil.

- Posisi Menyusui #3: Posisi Bersandar atau Rebahan

Pertama-tama bunda harus menempatkan diri senyaman mungkin dalam posisi rebahan atau bersandar, bisa di sofa atau di tempat tidur dengan bantal sebagai sandaran bunda.

Tengkurapkan si kecil sesuai dengan posisi yang paling nyaman buat bunda dan si kecil di atas badan bunda. Arahkan si kecil ke payudara bunda untuk pelekatan yang baik.

- Posisi Menyusui #4: Posisi di Bawah Ketiak

Letakkan si kecil di atas bantal di sisi bunda. Pastikan kakinya mengarah ke belakang bunda. Untuk memberi ruang pada kaki si kecil melewati arah belakang bunda, sepertinya bunda perlu bantal untuk menyangga posisi bunda.

Si kecil akan berada di bawah ketiak bunda, topang atau sangga bagian belakang pundak dan leher si kecil menggunakan tangan kanan bunda untuk membantunya mendekat ke arah putting bunda untuk pelekatan yang baik. Bisa juga bunda sangga bantal tempat si kecil ditidurkan. Posisi ini bisa juga diterapkan untuk anak kembar.

Post a Comment for "Menentukan Posisi Menyusui Yang Paling Nyaman"