Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Melatih Anak Disiplin Tanpa Kekerasan

Melatih Anak Disiplin Tanpa Kekerasan

Melatih Anak Disiplin Tanpa Kekerasan. Melatih Anak Disiplin seringkali menjadi dilema bagi kebanyakan orang tua. Di satu sisi, orang tua tidak ingin memanjakan anaknya namun di sisi lain orang tua juga tidak mungkin tega untuk menjadi kejam pada anaknya.

Ada orang tua yang mendisiplinkan anak dengan menerapkan hukuman fisik ketika sang anak berbuat kesalahan atau kenakalan atau memarahi sang anak dengan nada tinggi.

Mungkin karena begitulah mereka diperlakukan ketika kecil dahulu. Padahal dalam proses melatih anak disiplin, hal tersebut tidak baik untuk perkembangan anak.

Jika anak terbiasa mendapat hukuman fisik maupun makian, maka dia akan tumbuh menjadi anak yang juga suka mengandalkan kekerasan ketika berhadapan dengan lingkungannya.

Tentunya bukan hal itu yang ingin anda capai dalam melatih anak disiplin. Kita ingin anak kita menjadi disiplin tapi tetap tumbuh dengan kepercayaan diri dan pastinya jauh dari kekerasan.

Pendekatan Yang Baik Dalam Melatih Anak Disiplin

  • Buatlah peraturan dan jadwal keluarga

Diskusikan bersama seluruh anggota keluarga jadwal dan peraturan keluarga yang berlaku tidak hanya untuk si anak tapi juga untuk orang tua.

Sertakan anak dalam diskusi tersebut agar ia merasa dihargai. Peraturan berkaitan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh anggota keluarga, dan jadwal yang dibuat berkaitan dengan keseharian masing-masing anggota keluarga.

Pastikan peraturan dan jadwal tersebut disetujui oleh setiap anggota keluarga. Jika anak tahu dengan jelas apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, akan mudah untuk anda melatih anak disiplin.

  • Berikan tanggung jawab

Tambahkan beberapa tugas sederhana dalam jadwal tersebut yang tentunya berkaitan dengan kepentingan sang anak itu sendiri, misalkan seperti merapikan mainan, menata tempat tidur nya, dan mengerjakan PR, untuk membiasakan perasaan bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri.

Biarkan anak mengerjakan tugasnya dengan caranya sendiri, meskipun tidak sesuai dengan kebiasaan anda.

  • Buat sistem reward

Ini akan memotivasi anak untuk mematuhi jadwal dan peraturan di rumah. Reward tersebut bisa dalam bentuk hadiah seperti tambahan jam menonton TV atau pun berlibur bersama. Apabila sang anak melanggar kesepakatan, tetapkan konsekuensi berupa pengurangan reward tersebut.

  • Perbolehkan anak memiliki binatang peliharaan

Memiliki binatang peliharaan baik untuk perkembangan anak anda, selain itu ajarkanlah juga untuk bertanggung jawab dan disiplin dalam memelihara binatang peliharaaannya.

Selain mengajarkan untuk menyayangi makhluk hidup lain, dengan memelihara binatang peliharaan juga dapat melatih anak disiplin dan bertanggung jawab.

Demikianlah beberapa tips untuk melatih anak disiplin. Perlu diperhatikan ketegasan bukan berarti bertindak kasar, namun berpendirian teguh terhadap peraturan yang ditetapkan.

Dengan menerapkan tips melatih anak disiplin di atas semoga anak anda semakin disiplin dan juga berkembang menjadi anak yang percaya diri.

Post a Comment for "Melatih Anak Disiplin Tanpa Kekerasan"