Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Makanan Berserat Untuk Ibu Hamil

Makanan Berserat Untuk Ibu Hamil

Makanan Berserat Untuk Ibu Hamil. Saat kehamilan memasuki periode trimester terakhir, beberapa ibu hamil akan mengalami konstipasi/sembelit atau susah buang air besar (BAB).

Konstipasi tidak dinilai berdasarkan berapa kali ibu hamil BAB dalam sehari-seminggu, namun lebih kepada seberapa sulit feses dikeluarkan dan bagaimana teksturnya. Sangat disarankan makanan berserat untuk ibu hamil.

Untuk mengatasi sembelit, cara yang paling baik adalah mengonsumsi makanan yang dapat melembutkan feses, yaitu makanan yang berserat. Makanan berserat tinggi paling banyak didapatkan dari buah-buahan dan sayur-mayur.

Karena aman sekaligus mengandung banyak vitamin dan mineral, yang dapat digonsumsi dalam jumlah cukup banyak. Sayuran juga dapat digunakan sebagai side dish atau one dish meal, atau mengemilnya sebagai salad.

Sementara, buah-buahan paling baik dimakan saat perut dalam keadaan kosong misalnya pagi hari, agar penyerapan vitaminnya optimal. Olah buah menjadi puding yang dicampur susu atau madu, jus, atau lassie (jus buah yang dicampur yoghurt).

Buah-buahan juga bisa menikmatinya dalam bentuk rujak. Namun batasi konsumsi dengan bumbu yang terlalu pedas, atau buah yang terlalu muda atau asam karena dapat mengganggu sistem pencernaan.

Mengingat pentingnya makanan berserat untuk Ibu hamil. Manfaat serat juga dapat diperoleh dari gandum utuh dan berbagai jenis olahannya, misalnya oat, roti, biskuit, atau sereal dari gandum utuh.

Jika bosan dengan menu yang itu-itu saja, cobalah berkreasi dengan resep masakannya. Roti tawar gandum dapat diolah dengan dipotong dadu lalu dicampur udang giling dan bumbu. Buat menjadi bentuk bola, lalu goreng hingga kecokelatan.

Oat juga dapat digunakan saat membuat sup krim brokoli. Giling oat hingga halus lalu masukkan untuk mengentalkan kuah sup, menggantikan tepung maizena.

Beras merah juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Ibu hamil bisa menggantikan semua menu yang menggunakan beras putih dengan jenis makanan ini.

Meski demikian, tekstur beras merah yang lebih pera harus bisa diakali agar makanan bisa senikmat saat menggunakan beras putih.

Makanan berserat untuk Ibu hamil dan asupan nutrisi selama kehamilan sangatlah penting untuk Ibu hamil terhindar dari gangguan sembelit maupun gangguan selama kehamilan.

Post a Comment for "Makanan Berserat Untuk Ibu Hamil"