Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Keputihan saat Hamil Apakah Normal

Keputihan saat Hamil Apakah Normal

Keputihan saat Hamil Apakah Normal. Kehamilan pertama seringkali menyisakan ketakutan tersendiri bagi para wanita. Hal itu sangatlah wajar mengingat banyaknya perubahan yang dialami wanita saat hamil, misalnya morning sickness, flek selama kehamilan, keputihan, dan lain-lain.

Agar sukses menjaga kehamilannya, maka seorang wanita wajib memiliki pengetahuan tentang seluk beluk kehamilan. Meskipun secara teori, Anda sudah mengetahui akan adanya perubahan yang menyertai kehamilan, misalnya adanya keputihan.

Namun, pada kenyataannya Anda pasti akan panik apabila mendapati keputihan yang berlebihan pada diri Anda.

Dalam kondisi demikian, biasanya Anda akan bertanya pada orang tua, sahabat, ataupun saudara tentang “Keputihan saat hamil apakah normal?”

Mungkin Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda antara satu orang dengan yang lainnya karena memang mereka hanya menjawab berdasarkan pengalamannya sendiri dan tanpa mengetahui kondisi yang Anda alami.

Untuk itu, ada baiknya jika Anda bertanya kepada orang yang lebih ahli dibidangnya, dalam hal ini adalah dokter kandungan Anda.

Dari dokter kandungan tersebut, Anda akan mendapatkan jawaban yang berbeda dari jawaban yang Anda terima dari beberapa orang yang Anda tanya sebelumnya. Hal itu sudah jelas, karena dokter kandungan Anda tidak akan sembarangan dalam memberikan jawaban.

Dia akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan dia akan memastikan apakah keputihan yang Anda alami merupakan hal yang normal atau abnormal. Dari sini, Anda akan mendapatkan jawaban yang tepat dan jelas dari pertanyaan “Keputihan saat hamil apakah normal?”

Selain itu, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang seluk beluk keputihan dan juga cara menjaga kehamilan. Biasanya, dokter akan menjelaskan bahwa keputihan pada saat hamil adalah hal yang wajar, namun tetap saja harus diwaspadai keberadaannya karena ada tiga macam keputihan yang biasa terjadi saat hamil dan ketiganya harus diwaspadai, diantaranya adalah :

  • Kandidosis vulvovaginal
    Gejalanya adalah : cairan kental, berbau tajam dan disertai dengan rasa gatal.
  • Vaginosis baterialis
    Gejalanya adalah : cairan kental, berbau sangat tajam. Pada kondisi parah barulah muncul rasa gatal.
  • Trikomoniasis
    Gejalanya adalah : iritasi pada area genital, rasa panas, gatal dan nyeri di daerah vulva, paha, dan perineum, nyeri saat berkemih dan senggama.

Apabila ketiga jenis keputihan di atas dibiarkan dan tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kelahiran prematur, ketuban pecah sebelum waktunya dan bayi berat lahir rendah.

Nah, Untuk menjaga kesehatan kehamilan, maka disarankan kepada ibu hamil untuk :

  • Rajin membersihkan daerah vital
  • Gunakan celana dalam yang dapat menyerap keringat
  • Hindari penggunaan panty liner
  • Kurangi makanan manis dan mengandung kafein
  • Hindari penggunaan sabun pencuci vagina
  • Rajin konsultasi ke dokter kandungan

Semoga informasi tentang Keputihan saat hamil apakah normal di atas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment for "Keputihan saat Hamil Apakah Normal"